Bahan dan Cara Membuat Lulur Rempah Kunyit dengan Mudah

| 05 Feb 2023 16:13
Bahan dan Cara Membuat Lulur Rempah Kunyit dengan Mudah
Ilustrasi lulur rempah kunyit (freepik)

ERA.id - Salah satu teknik yang bisa dilakukan untuk mencerahkan kulit adalah melulur atau menggunakan lulur. Lulur bisa didapatkan di berbagai toko produk kecantikan, tetapi juga bisa dengan bahan tradisional, misalnya kunyit. Cara membuat lulur rempah kunyit terbilang mudah.

Lulur mengandung scrub untuk mengangkat sel kulit mati di kulit. Dengan demikian, kulit menjadi tampak lebih bersih dan bersinar. Meski demikian, kandungan scrub terebut membuatnya tak bisa digunakan setiap hari sebab bisa membuat kulit menjadi kering. Anda bisa menggunakan lulur satu hingga dua kali dalam seminggu.

Jika lulur dibuat dari kunyit, tentu manfaatnya bisa lebih banyak. Seperti diketahui, kunyit termasuk jenis rempah yang mengandung banyak zat positif.

Manfaat Kunyit untuk Kulit

Dikutip Era dari Healthline, ada beberapa manfaat kunyit untuk kulit. Berikut adalah rinciannya.

1. Membantu mengatasu jarungan parut jerawat

Kunyit memiliki kandungan yang mampu membantu mengurangi jerawat dan bekas jerawat. Kunyit memiliki kandungan yang bersifat anti-inflamasi. Kandungan ini bisa bekerja pada pori-pori dan menenangkan kulit.

Selain itu, kunyit dikenal bisa mengurangi jaringan parut. Dengan demikian, kunyit bisa membantu kulit menjadi bersih dari jerawat dan bekas-bekasnya.

2. Membantu penyembuhan luka

Kunyit mengandung curcumin yang mampu membantu proses penyembuhan luka dengan mengurangi peradangan. Berdasarkan studi, kunyit bisa berdampak baik terhadap jaringan dan kolagen.

3. Membantu kulit tampak bercahaya

Antioksidan dan komponen anti-inflamasi pada kunyit bisa membantu kulit menjadi tampak lebih cerah. Kunyit tidak mengubah skin tone, tetapi membuat kulit menjadi lebih. Selain itu, warna alami kulit juga akan keluar.

Jika Anda ingin memanfaatkan kunyit untuk mencerahkan kulilt wajah, Anda bisa menjadikannya masker. Dalam pembuatannya, Anda bisa mencampurkan kunyit dengan sedikit yoghurt dan madu. Cara penggunannya, oleskan masker tersebut ke wajah, diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

4. Disebut berkaita dengan pengobatan kudis

Berdasarkan penelitian di India, kombinasi kunyit dan mimba (tanaman asli India) memiliki kemampuan untuk mengobati kudis. Kudis merupakan gangguan kesehatan kulit yang disebabkan oleh tungau mikroskopis yang menyebabkan ruam.

5. Membantu penyembuhan beberapa kondisi Dermatologis

Belum ada penelitian yang cukup untuk membuktikan kemampuan kulit dalam membantu penyembuhan kondisi dermatologis kulit yang lain. Meski demikian, kunyit masih menjadi bahan herbal yang disarankan sebab disebut bisa membantu proses penyembuhan eksim, alopecia, lichen planus, dan masalah kulit yang lain.

Cara Membuat Lulur Rempah Kunyit

Ilustrasi membuat lulur rempah kunyit (freepik)

Jika Anda semakin tertarik untuk mencoba lulur kunyit, Anda bisa membuatnya di rumah karena tidak butuh bahan dan alat yang banyak. Berikut adalah hal yang dibutuhkan dan cara meraciknya.

Bahan-bahan

·         Bubuk kunyit secukupnya

·         1 gelas beras (rendam satu malam)

Cara membuat

1.    Haluskan beras dengan diulek.

2.    Campurkan beras yang telah dihaluskan tersebut dengan bubuk kunyit secukupnya. Sebaiknya kunyit tidak terlalu banyak.

3.    Lulur rempah kunyit telah siap. Anda tinggal mengoleskannya ke seluruh tubuh, tunggu 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Kulit Anda akan tampak kuning setelah menggunakan lulur kunyit. Namun, hal tersebut adalah efek sementara. Warna kuning tersebut akan hilang setelah Anda mandi menggunakan sabun. Kulit pun akan menjadi tampak lebih cerah. 

Rekomendasi