Mengenal Perbedaan Bumbu Dapur dan Manfaatnya, Wajib Simak!

| 23 Feb 2024 23:05
Mengenal Perbedaan Bumbu Dapur dan Manfaatnya, Wajib Simak!
Ilustrasi rempah yang sudah diolah dalam masakan. (Unsplash/Jcomp)

ERA.id - Keterampilan memasak tentunya harus diimbangi dengan pengetahuan dalam memilah dan membedakan bermacam-macam bumbu rempah khasnya. Ada 5 jenis bumbu rempah yang mempunyai bentuk sama, antara lain kunyit, kencur, laos, jahe, dan kunci. Bagi Anda yang suka memasak, tentunya harus memahami perbedaan bumbu dapur dan manfaatnya. Namun, bagi yang masih bingung, tak perlu khawatir, simak ulasannya di bawah ini.

Perbedaan Bumbu Dapur dan Bumbu Rempah Agar Disayang Mertua

Meskipun bentuk semua rempah di atas serupa, tapi masing-masing memiliki manfaat yang berbeda-beda. Begini perbedaannya:

Kunyit

Bumbu dapur ini berbentuk kecil dan bulat, dengan tekstur yang lembut dan mudah diparut, kunyit mempunyai ciri khas yaitu berwarna kuning. Dalam olahan makanan, kunyit berguna untuk memberikan warna kuning alami. Selain itu, kunyit juga juga dapat memberikan rasa yang unik seperti rasa tanah dan sedikit pahit.

Penggunaan kunyit lebih banyak dilakukan oleh orang Minang untuk masakan khas mereka seperti gulai dan kari. Selain itu, kunyit juga dapat digunakan sebagai obat penyakit pencernaan.

Laos

Bumbu dapur yang juga disebut dengan lengkuas ini mempunyai tekstur yang kasar, dan aroma yang tidak terlalu menusuk. Daging laos memiliki tekstur yang keras dan berserat, kulitnya pun begitu kuat sehingga cenderung sulit bagi kita untuk mengupas dan memotongnya.

Laos yang berusia tua akan mempunyai rasa yang pedas. Bumbu ini umumnya digunakan dalam olahan santan ataupun tumisan. Selain itu, laos juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan herbal, yaitu untuk mengobati sakit kulit.

Ilustrasi lengkuas. (Freepik/jcomp)

Jahe

Selain populer sebagai bumbu masakan, jahe juga amat digemari sebagai olahan minuman yang dapat memberikan efek hangat dan menyehatkan. Jahe memiliki ciri kulit berwarna coklat dengan ruas-ruas seperti jari manusia yang menggembung. Daging jahe bertekstur lembut dan mempunyai warna sedikit kekuningan, aromanya khas dengan rasa pedas yang memberi kesegaran.

Dalam olahan makanan, jahe dapat digunakan untuk melenyapkan bau amis pada ikan atau campuran dalam sup. Adapun dalam olahan minuman, jahe dapat diseduh atau menjadi campuran minuman lain seperti wedang ronde.

Kunci

Bumbu kunci mempunyai bentuk yang lebih berbeda daripada kelima bumbu yang sebelumnya disebutkan. Jika rempah lain mempunyai cabang, bumbu kunci cenderung tumbuh vertikal seperti jari-jari manusia.

Jenis rempah ini mempunyai daging dengan warna putih kekuningan, rempah kunci dapat memberikan aroma khas yang segar terutama jika dimanfaatkan sebagai campuran sayur bening bayam atau biasa disebut juga sebagai sayur kunci. Selain sedap dan menyegarkan, kunci juga memberikan khasiat untuk menangani gangguan pencernaan bahkan memiliki efek anti racun.

Kencur

Kencur memiliki bentuk yang amat mirip dengan kunyit, kecil, bulat, dan warna permukaan kulitnya agak keunguan. Cara mudah untuk membedakannya yaitu dengan melihat warna dagingnya, kencur mempunyai daging berwarna putih dengan tekstur yang lembut, dengan kulit yang sangat mudah untuk dikupas.

Kencur ini tidak mempunyai aroma yang kuat, tapi sangat cepat untuk memberi aroma segar dalam masakan. Kencur umumnya dicampurkan dalam hidangan kuah seperti sayur lotek dan sayur bening. Selain membuat cita rasa yang segar, kencur juga diyakini dapat menambah nafsu makan untuk anak-anak, sehingga dimanfaatkan sebagai bahan utama pembuatan jamu beras kencur.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi