Face Oil Bikin Kulit Makin Berminyak Ternyata Mitos, Simak Dulu Kandungan dan Manfaatnya

| 17 Mar 2023 17:20
Face Oil Bikin Kulit Makin Berminyak Ternyata Mitos, Simak Dulu Kandungan dan Manfaatnya
Ilustrasi produk face oil (Unsplash/Christin Hume's)

ERA.id - Bagi pemilik kulit berminyak, face oil sepertinya menjadi jenis skincare yang paling ditakuti. Sebab face oil dianggap membuat kulit semakin berminyak.

dr. Abelina Dini Fitria, Dpl. AAAM, MM, MARS seorang Dokter Estetik yang juga skincare enthusiast mengatakan bahwa anggapan itu hanyalah mitos. Face oil membuat kulit semakin berminyak tidak ada buktinya secara ilmiah.

“Masih banyak orang yang belum memahami pentingnya penggunaan face oil untuk masing-masing tipe kulit. Bahkan beranggapan jika menggunakan face oil akan membuat kulit semakin berminyak sehingga memicu jerawat," ucap dokter Abelina saat ditemui Era.id dalam acara Everpure Luncurkan Produk Face Oil Serum with Pure Mixed Oil belum lama ini di Jakarta.

Padahal, sambungnya, konsumen harus memperhatikan kandungan formulasi comedogenic ataupun non-comedogenic pada produk, serta menyesuaikan dengan tipe dan kebutuhan kulit masing-masing.

Dokter Abel juga turut menceritakan pengalamannya menggunakan face oil serum.

“Teksturnya ringan, mudah menyerap, dan memberikan hasil nyata pada tipe kulit aku yang kering dan sensitif. Terasa lebih lembab, kenyal, cerah glowing serta garis halus di wajah aku tersamarkan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama Elvi Wijaya selaku Assistant Brand Manager dari Everpure menyatakan, face oil serum sifatnya multifungsi. Diperkaya dengan perpaduan 12 luxurious oil dan memiliki sertifikasi non-comedogenic pertama dengan pure mixed oil di Indonesia

"Formulasi yang lebih sinergis melalui kombinasi sains dan bahan natural melalui rangkaian produk Sul-pure. Oil Serum dengan kandungan Rice Bran Oil, Tea Plant Seed Oil, Sea Buckthorn Oil, dan Rosehip Oil berperan untuk membantu mencerahkan kulit yang terlihat kusam dan lelah karena memiliki tingkat antioksidan dan Omega 3, 6, dan 9 yang tinggi," paparnya.

Lebih lanjut ia menyebut, sunflower oil, Avocado Oil dan Jojoba Seed Oil yang kaya akan fatty acid dan vitamin E dapat membantu melembapkan serta melembutkan area kulit yang kering. Selanjutnya, kandungan Chia Seed Oil, Calendula Oil, dan Japanese Camellia Oil dipercaya memiliki sifat anti-inflammatory, sehingga mampu mengurangi kemerahan dan meningkatkan skin barrier.

"Sementara, kandungan Squalane oil dan Evening Primrose Oil dapat membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan," jelasnya.

Rekomendasi