Berbagai Manfaat Peptide untuk Wajah Tampak Lebih Bersinar

| 20 Aug 2023 09:05
Berbagai Manfaat Peptide untuk Wajah Tampak Lebih Bersinar
Ilustrasi wajah bersinar (pexels)

ERA.id - Skincare terus mengalami perkembangan. Berbagai formula baru diciptakan untuk menghasilkan produk terbaik untuk semua jenis kulit. Dari berbagai formula itu, salah satu kandungan yang mungkin pernah Anda dengar adalah peptide.

Beberapa di antara Anda mungkin masih asing dengan peptide, tapi perlu diketahui bahwa manfaat peptide untuk wajah sangatlah banyak. Dikutip Era.id dari Jovee, berikut ini penjelasan soal kehebatan peptide di skincare.

Mengenal Apa Itu Peptide

Peptide disebut juga dengan polipeptida. Zat ini diproduksi oleh tubuh kita secara alami. Peptide alias peptida merupakan asam amino yang membentuk protein tertentu yang dibutuhkan kulit.

Kolagen terbentuk dari tiga rantai polipeptida. Jadi, tambahan peptida bisa merangsang kulit memproduksi lebih banyak kolagen. Kolagen yang lebih banyak bisa membuat kulit tampak lebih kencang sehingga tampak lebih muda.

Peptida bisa menembus lapisan terluar kulit. Peptida tidak hanya melapisi permukaan kulit, tetapi bekerja secara maksimal lebih dalam. Fungsi peptida di skincare seperti pembawa pesan kepada sel-sel laindi tubuh untuk memproduksi kolagen dan elastin.

Ilustrasi kerutan pada pinggir mata (pexels)

Manfaat Peptide untuk Wajah

Ukuran molekul kolagen terlalu besar untuk diserap kulit. Oleh sebab itu, banyak yang memilih cara memperoleh manfaat kolagen melalui konsumsi kaldu tulang atau suplemen kolagen. Meski demikian, peptida atau peptide bisa diserap kulit dengan baik melalui formulasi skincare. Jadi, jika Anda melakukan perawatan wajah dengan skincare yang mengandung peptida, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan.

·         Membantu perlindungan kulit

Peptida bisa membantu melindungi kulit wajah Anda dari sinar ultraviolet, bakteri, polusi, dan berbagai racun yang lain. Pelindung kulit yang rusak akibat asap rokok, polusi, eksfoliasi berlebihan, atau stres, bisa dibentuk lagi oleh bantuan peptida.

·         Membantu mengurangi kerutan

Kolagen bisa membuat kulit wajah dan bibir jadi lebih kenyal dan sehat. Kerutan dan garis halus pada wajah juga akan berkurang jika kulit lebih kencang dan kenyal. Hasilnya, Anda bisa tampak lebih mudah.

·         Membantu lawan peradangan kulit

Peptida bisa membantu meredakan peradangan kulit, membantu perbaikan kulit rusak, dan membantu meratakan warna pada kulit wajah.

·         Membantu lawan jerawat

Peptida tertentu bersifat antimikroba. Dengan kata lain, peptida bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat pada wajah.

Itulah berbagai manfaat peptide untuk wajah yang bisa Anda dapatkan. Penggunaan skincare secara tepat dapat membantu pemaksimalan manfaat peptide untuk wajah. 

Rekomendasi