Gerakan Yoga Wajah yang Dapat Dilakukan Secara Mandiri, Simak!

| 17 Dec 2023 10:00
Gerakan Yoga Wajah yang Dapat Dilakukan Secara Mandiri, Simak!
Ilustrasi (Anastasia Shuraev/Pexels)

ERA.id - Kulit wajah yang kencang tentunya akan membuat diri Anda terlihat lebih muda. Tidak perlu menggunakan produk perawatan kulit yang mahal maupun prosedur medis khusus, Anda bisa mengencangkan wajah hanya dengan beberapa gerakan yoga wajah. Simak penjelasannya di bawah ini.

Gerakan Yoga Wajah

Yoga wajah adalah latihan atau gerakan yang menggerakkan otot-otot wajah ke posisi tertentu. Melakukan yoga wajah diyakini dapat menjadikan wajah Anda terlihat lebih kencang dan muda.

Mengutip Everyday Health, ahli mikrobioma Elsa Jungman, mengatakan, tujuan yoga wajah ini adalah untuk perawatan wajah di mana seseorang dapat meningkatkan sirkulasi darah agar wajah terlihat lebih merona dan bercahaya. Selain itu juga dapat mengurangi ketegangan di wajah.

Berbagai aktivitas harian, misalnya menatap layar dalam durasi lama dan sejumlah ekspresi wajah tertentu dapat menimbulkan penegangan dan kerutan pada wajah. Lantas apa saja manfaat yoga wajah?

Ilustrasi (Pixabay)

Manfaat Yoga Wajah

Yoga wajah memberikan beberapa manfaat bagi orang yang melakukannya, antara lain:

  • Memperkuat dan mengencangkan otot wajah.
  • Memperlancar aliran darah ke kulit, yang membuat kulit lebih bersinar.
  • Menghilangkan kerutan.
  • Merilis ketegangan.
  • Mengurangi bekas luka.

Beberapa ahli dermatologi saling bersepakat dengan sejumlah manfaat yoga wajah ini. Ahli dermatologi Deborah Longwill menjelaskan, tujuan yoga wajah yaitu untuk meningkatkan suplai darah dan oksigen ke kulit.

Selain itu, dengan melakukan yoga wajah, Anda juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dengan cara mengencangkan otot wajah tertentu.

Penelitian yang pernah diterbitkan dalam JAMA Dermatology menyimpulkan, yoga wajah bisa membuat tanda penuaan menurun. Dalam studi, diikutsertakan peserta dengan usia 40-65 tahun. Selama 20 pekan, peserta diminta rutin melakukan yoga wajah.

Pada akhir pekan ke-20, peneliti mendapatkan bahwa peserta terlihat lebih muda dari sebelumnya. Beberapa ahli dermatologi yang tidak terlibat dalam penelitian diminta untuk menebak usia masing-masing peserta. Hasilnya, peserta dianggap dua tahun lebih muda dari usia sebenarnya. Menakjubkan, bukan? Lantas apa saja gerakan yoga wajh yang dapat kita lakukan?

3 Gerakan Yoga Wajah yang Dapat Anda Coba di Rumah

Studi tersebut juga merekomendasikan beberapa gerakan yoga wajah yang dapat Anda lakukan di rumah. Anda bisa melakukan gerakan tersebut selama 5-10 menit setiap hari. Selanjutnya tingkatkan perlahan menjadi 15-20 menit per hari.

Di bawah ini adalah gerakan yoga wajah yang dapat Anda coba.

The Eyebrow Lifter

Tempatkan ketiga jari (jari telunjuk, tengah, dan manis) di bawah alis. Dorong alis ke atas dengan jari hingga mata terbuka sambil tersenyum. Selanjutnya tutup mata dan putar bola mata Anda. Tahan selama 20 detik dan tetaplah tersenyum. Lepaskan dan ulangi sebanyak tiga kali.

Happy Cheeks Sculpting

Tersenyum selebar mungkin, tetapi jangan perlihatkan gigi. Taruh kedua jari telunjuk di ujung bibir dan tarik otot wajah ke atas hingga ke tulang pipi dan sudut mata. Tahan selama 20 detik dan nikmati sensasi otot-otot pipi yang menegang. Anda dapat mengulangi gerakan tersebut sebanyak tiga kali.

The Cheek Lifter

Buka mulut sampai membentuk huruf O. Lalu letakkan jari telunjuk di pipi dan dorong otot pipi ke atas hingga mendekati mata, lalu turunkan.

Lakukan gerakan tersebut secara berulang hingga 10 kali. Pada gerakan ke-10, tahan otot pipi setinggi mungkin selama 20 detik.

Demikianlah ulasan tentang gerakan yoga wajah yang dapat Anda praktikkan. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi