Bolehkah Hapus Make UP dengan Tisu Basah Bayi dan Apa Dampak Buruknya?

| 14 Jan 2024 18:05
Bolehkah Hapus Make UP dengan Tisu Basah Bayi dan Apa Dampak Buruknya?
Bolehkah hapus make up dengan tisu basah (unsplash)

ERA.id - Penggunaan make up menjadi bagian penting dalam rutinitas bagi sebagian besar wanita. Namun, seringkali muncul pertanyaan yang kemudian menimbulkan perdebatan mengenai bolehkah hapus make up dengan tisu basah.

Seberapa efektif dan aman menghapus make up menggunakan tisu basah? Artikel ini akan membahas dengan lebih mendalam beberapa dampak yang diakibatkan oleh tindakan tersebut.

Bolehkah Hapus Make UP dengan Tisu Basah?

Anda mungkin berpikir bahwa tisu basah bayi adalah pilihan yang baik untuk kulit orang dewasa. Padahal, sebenarnya tisu bayi tidak diformulasikan untuk menghilangkan makeup tahan air, maskara tebal, blush, atau lipstik dari kulit.

Tisu basah hanyalah tisu katun yang direndam dalam lotion dan dapat menyebabkan iritasi kulit pada beberapa orang dewasa. Pada dasarnya, tisu tersebut dirancang untuk membersihkan bayi selama penggantian popok.

Tisu basah dapat membakar area mata Anda karena mengandung agen antibakteri yang kuat, dan banyak yang mengandung pewangi yang kuat (yang dimaksudkan untuk memberikan aroma segar setelah penggantian popok).

tisu basah diperuntukkan buat bayi (Unsplash)

Tisu Basah Bayi vs Tisu Pembersih Makeup

Perbedaan antara tisu bayi dan tisu pembersih makeup adalah bahwa tisu pembersih makeup diformulasikan secara khusus untuk menghilangkan produk seperti maskara tanpa mengiritasi area mata yang sensitif.

Masalah utamanya adalah bahwa tisu bayi, meskipun memiliki aroma yang kuat, tidak diformulasikan untuk efisien melakukan pekerjaan seperti yang dilakukan tisu pembersih makeup  untuk menghilangkan alas bedak, eyeliner, dan maskara.

Tisu pembersih makeup juga dirancang secara khusus untuk digunakan di dekat mata, sedangkan tisu basah bayi ditujukan untuk membersihkan area popok.

Boleh Memakai Tisu Basah, tapi Lebih Baik Memakai Pembersih Khusus

Menggunakan tisu bayi untuk menghapus makeup mungkin dapat dilakukan dalam keadaan darurat, namun, beberapa hal perlu diperhatikan.

Pertama, tisu bayi tidak diformulasikan untuk efektif menghilangkan makeup tahan air, maskara tebal, dan lipstik tahan lama. Meskipun tisu bayi umumnya aman untuk kulit bayi yang sensitif, bagi beberapa orang dewasa, kandungan lotion dan minyak mineral pada tisu bayi dapat menyebabkan iritasi.

Kemudian langkah-langkah yang dapat diikuti melibatkan membersihkan alas bedak dan blush, leher, garis rambut, dan garis rahang dengan gerakan meluncur. Namun, perlu diingat untuk tidak menyimpan dan menggunakan kembali tisu bayi yang sudah terpakai, karena hal ini dapat menyebabkan penyebaran residu makeup dan bakteri di wajah.

Sebagai alternatif, bagi Anda yang memiliki alergi atau sensitivitas dapat menggunakan minyak alami seperti minyak kelapa atau zaitun untuk menghapus makeup kecantikan. Meskipun tisu bayi dapat digunakan dalam situasi tertentu, lebih baik menggunakan produk penghapus makeup yang diformulasikan khusus untuk menghilangkan produk kosmetik tanpa mengiritasi kulit.

Namun sebelum membeli tisu pembersih makeup atau jenis pembersih makeup lainnya, penting untuk memeriksa apakah mengandung bahan yang bisa menimbulkan reaksi sensitif pada kulit. Jika produk tidak dicantumkan sebagai hypoallergenic, mungkin tidak disarankan untuk dibeli.

Bahan-bahan yang perlu diawasi dalam label termasuk alkohol, pewarna, pewangi, paraben, dan sulfat, yang dapat memberikan reaksi khususnya pada kulit sensitif.

Selain bolehkah hapus make up dengan tisu basah, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi