Tips Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil, Jangan Sembarangan Pakai Skincare

| 26 Feb 2024 18:15
Tips Perawatan Wajah untuk Ibu Hamil, Jangan Sembarangan Pakai Skincare
Ilustrasi ibu hamil merawat wajah (The Spoiled Mama)

ERA.id - Ibu hamil tentu tidak disarankan memakai skincare sembarangan karena bisa berdampak pada kesehatan ibu dan janin.

Dokter spesialis Dermatologi dr. Arieta Sari, mengatakan, ibu hamil termasuk golongan kelompok rentan yang perlu perhatian ekstra dalam memilih perawatan wajah. 

Alih-alih menjaga kulit wajah tetap sehat, justru memilih dan memakai skincare sembarangan bisa berbahaya bagi ibu hamil. Lantas, jenis perawatan wajah seperti apa yang aman bagi kelompok rentan? 

"Baiknya untuk ibu hamil gunakan basic skincare dulu yang sudah ada di pasaran itu boleh kok. Yang penting jangan gunakan yang berbahan aktif tretinoid acid (vitamin A murni) itu gak baik untuk ibu hamil," kata dokter Arieta seperti dikutip Antara

Secara umum perawatan wajah dasar atau basic skincare yang bisa digunakan ibu hamil terbagi untuk pagi hari dan malam hari.

Untuk pagi hari, rangkaian produk yang bisa digunakan oleh ibu hamil terdiri atas pembersih seperti sabun muka, serum, pelembap, dan ditutup dengan penggunaan tabir surya atau sunscreen

Sementara pada malam hari, serumnya bisa menggunakan bahan aktif yang bersifat mencerahkan. Terkait dengan perawatan wajah yang harus dilakukan oleh dokter di klinik bagi ibu hamil, dokter Arieta menyarankan ibu hamil sebaiknya tidak dulu melakukan perawatan dengan metode injeksi seperti skin booster.

Rekomendasi itu diberikan mengingat selama mengalami masa kehamilan biasanya ibu mengalami perubahan hormon yang bisa saja membuat perawatan menjadi tidak efektif.

"Kalau ibu hamil itu hormonnya gak stabil nanti di-treatment apapun gak ada hasilnya. Jadi memang lebih baik ibu hamil nanti saja dulu, tunggu hormonnya stabil baru lakukan perawatan (di klinik)," tutupnya.

Rekomendasi