Basic Skincare Pria Tidak Perlu Berlebihan, Cukup Lakukan Beberapa Hal ini

| 03 Feb 2024 08:50
Basic Skincare Pria Tidak Perlu Berlebihan, Cukup Lakukan Beberapa Hal ini
Basic skincare pria (unsplash)

ERA.id - Pentingnya perawatan kulit tak hanya eksklusif bagi kaum wanita, namun pria pun harus menyadari pentingnya perawatan kulit dasar. Lantas apa saja yang dapat menjadi basic skincare pria?

Artikel ini akan membahas dasar-dasar perawatan kulit pria. Mulai dari pembersihan hingga perlindungan dari sinar matahari, yang dapat membantu menciptakan kulit yang sehat dan segar dan kesadaran akan kesehatan.

Beberapa Basic Skincare Pria

  1. Sabun Cuci Muka

Setiap kali Anda memulai rutinitas perawatan kulit di pagi hari atau sebelum tidur, Anda perlu memulainya dengan pembersih (face wash) untuk membersihkan wajah Anda. Pembersih wajah sederhana dapat menghilangkan kelebihan minyak dari kulit dan dari dalam pori-pori.

Sabun cuci muka dapat membersihkan keringat, kotoran, debu, dan menjadi produk perawatan kulit yang umum digunakan.

Jadi, saat Anda bangun, yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan tumpukan minyak dan kemungkinan akumulasi bakteri yang ditransfer dari sarung bantal dan pelembab malam.

Kemudian pada malam hari, Anda akan membersihkan akumulasi kotoran di wajah Anda lagi termasuk beberapa polutan atau keringat ekstra yang Anda dapatkan sepanjang hari.

Anda dapat membersihkan wajah di shower atau di wastafel, tetapi pastikan untuk melakukannya terakhir dalam rutinitas mandi Anda. Hal ini dikarenakan kondisioner atau produk rambut biasanya akan turun ke wajah Anda dan bersarang di pori-pori.

pastikan mencuci wajah pada akhir mandi (unsplash)
  1. Masker (Seminggu Sekali)

Masker wajah mungkin akan menjadi bahan tertawaan beberapa pria, tetapi ketika Anda memutuskan untuk mencoba pasti akan ketagihan. Meskipun pria cukup mencuci dan melembabkan wajah setiap harinya, tetapi masker khusus memaksimalkannya.

Kunci memilih masker wajah untuk pria adalah mencari formula yang tepat. Jika kulit Anda bermasalah dengan kelembaban berlebih dan Anda berjuang dengan panas, keringat, dan jerawat yang muncul, masker detoksifikasi yang bagus akan menarik sebum dan kotoran yang tertinggal dari pembersih Anda.

  1. Toner

Skincare pria berikutnya adalah toner yang dapat membersihkan kulit Anda dari sisa perawatan lain. Selain itu, toner juga membantu menyegarkan kulit setelah pembersihan wajah. Berikut ini beberapa tips menggunakan toner untuk pria:

  • Oleskan toner pada kapas tanpa merendamnya terlalu banyak.
  • Sapukan kapas basah secara lembut ke luar dari pusat wajah.
  • Hindari area bibir dan mata.
  • Biarkan toner mengering dengan sendirinya.
  1. Serum

Serum mengandung antioksidan dan vitamin untuk membantu menyehatkan kulit Anda. Tetapi ada begitu banyak jenis yang tersedia sehingga memilih yang tepat bisa menjadi tantangan jika Anda baru dalam merawat kulit Anda.

Untuk itu, pertimbangkan serum pelembab, serum antioksidan, serum pencerah, atau serum anti-penuaan yang semuanya tergantung pada jenis kulit dan masalah yang Anda alami.

Selain itu, selalu periksa kemasan untuk petunjuk khusus, tetapi berikut adalah cara umumnya mengaplikasikan serum wajah bagi pria:

  • Ambil beberapa tetes ke telapak tangan.
  • Gosokkan tangan Anda bersama-sama.
  • Tekan serum ke wajah dan leher kering dengan kedua tangan.
  1. Pelembab

Pastikan Anda selalu menggunakan pelembab baik di pagi hari maupun malam, karena dapat membantu mengatasi kekeringan yang ekstrim sekaligus kelebihan minyak dengan menyeimbangkan kulit Anda. Berikut ini petunjuk menggunakan pelembab wajah untuk pria:

  • Oleskan pelembab ke salah satu tangan.
  • Gosokkan tangan Anda bersama-sama.
  • Dengan gerakan lembut ke atas dan ke luar, aplikasikan ke wajah dan leher.

Selain basic skincare pria, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi