Mengapa Lesti Kejora Masuk 5 Besar Wanita Tercantik di Dunia? Ini Penjelasan Top Beauty World

| 22 Dec 2020 17:15
Mengapa Lesti Kejora Masuk 5 Besar Wanita Tercantik di Dunia? Ini Penjelasan Top Beauty World
Lesti Kejora (IG @Top Beauty World Official)

ERA.id - Penobatan Lesti Kejora sebagai 5 besar kategori The 100 Most Beautiful Women OF 2020 versi Top Beauty World (TB World) pada Minggu (20/12/2020) menuai kontroersi.  Kebanyakan netizen bingung mengapa Lesti Kejora bisa berada di posisi kelima sebagai wanita tercantik di dunia. Mereka terkejut lantaran kecantikan Lesti Kejora bisa mengalahkan Lisa BLACKPINK.

Setiap tahunnya, Top Beauty World memang selalu merilis hasil surveinya. Dimana mereka memilih 100 wajah yang dianggap paling cantik dan tampan dari kalangan selebriti dunia berdasarkan proporsi wajah, standar global dan vote.

Lesti Kejora menempati urutan kelima sebagai wanita tercantik dengan 9148 poin. Posisi keempat hanya terpaut 1 poin dari pemilik nama asli Lesti Andryani, yakni Yoona SNSD yang meraih 9.149 poin. Sementara itu, di posisi ketiga diraih oleh model Victoria Secret asal Hungaria memperoleh 9160 poin. 

Selanjutnya, posisi kedua dipegang oleh Deepika Padukone yang meraih 9163 poin. Yang berhasil berada diposisi pertama sebagai The 100 Most Beautiful Women of 2020 jatuh kepada model asal Turki Hande Ercel atau Hayat dengan meraih 9168 poin.

Selain itu, Lesti juga mendapat julukan Golden Face yang didapatkan dari perhitungan golden ratio. Golden ratio merupakan ukuran yang paling mendekati kesempurnaan wajah berdasarkan rasio. Ilmu matematika ini telah diterapkan sejak abad ke-14, di mana para arsitek dan seniman menggunakannya dalam karyanya.

Ribuan tahun kemudian, para ilmuwan mengadopsi rumus matematika ini untuk membantu mengidentifikasi orang yang dianggap cantik. Asisten profesor biostatistik Dr. Kendra Schmid misalnya menggunakan rasio emas ini untuk mempelajari daya tarik seseorang.

Netizen banyak mendukung dan memuji tapi tak sedikit punya yang merasa curiga penilaiannya tidak adil. Menjawab kecurigaan netizen, akun Top Beauty World melalui insta story memberi penjelasan. 

"Ini adalah data untuk Lesti Kejora, jika itu tidak sesuai dengan standarmu sendiri atau standar negaramu, itu tidak akan mengurangi fakta bahwa itu adalah rasio (wajah sempurna) global. Dia adalah salah satu wajah terbaik dari 70 wajah yang dianalisa menggunakan rasio wajah ideal global untuk 300 nama," tulis Top Beauty World.

Dalam unggahan Insta Story-nya, Top Beauty World pun menyatakan jika pihak mereka tidak berusaha mengambil keuntungan dari Lesti Kejora atau nama lainnya. Mereka tidak ingin memalukan nama-nama besar profesor yang menjadi bagian dari mereka. Jika ada orang yang tidak suka atau setuju, mereka menyarankan untuk jangan memedulikannya. "Jika kamu tidak suka, lewatkan saja dan ikuti (akun lain) yang kamu suka untuk menghindari kesalahpahaman," tulisnya.

Rekomendasi