Profil Khalid Basalamah, Pendakwah Kontroversi yang Gaet Hati Raffi Ahmad-Nagita Slavina

| 31 Jan 2022 12:57
Profil Khalid Basalamah, Pendakwah Kontroversi yang Gaet Hati Raffi Ahmad-Nagita Slavina
Raffi Ahmad bersama Ustaz Khalid Basalamah (Dok. Raffi)

ERA.id - Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, beberapa waktu lalu, berfoto bersama seorang ustaz bernama Khalid Basalamah. Sontak, media sosial gaduh.

Banyak pihak yang tak suka dengan tingkah Raffi. Sebaliknya, banyak yang memuji. Apalagi, saat Nagita menutup kepalanya dengan hijab.

Nah, sebenarnya siapa sih Ustaz Khalid Basalamah itu? Berikut profil singkatnya.

Ustaz Khalid Basalamah adalah pria berdarah Arab yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Ia dikenal sebagai ustaz Salafi.

Keilmuan Ustaz Khalid patut diacungi jempol. Ia kerap menggabungkan pengetahuan akademisi berdasarkan kitab-kitab ulama terdahulu seperti Bulughul Maram karya Ibnu Hajar al-'Asqalani atau Minhajul Muslim karya Abu Bakar al Jazairi, dengan penyampaian prasarana modern seperti YouTube dan media sosial lainnya. Bahasa Khalid juga sederhana dan mudah diterima di media sosial.

Sebab keilmuannya, pada Pertemuan Ulama dan Dai se-Asia Tenggara, Eropa, dan Afrika ke-3 pada tahun 2017, Khalid mendapatkan penghargaan Ulama dan Dai kehormatan dari Multaqo Adduat dan Ulama Asia Tenggara.

Jualan

Khalid tak cuma piawai ceramah. Ia juga jago dagang dan bisnis. Lewat Restoran Ajwad, ia menyajikan hidangan Timur Tengah. Restoran itu bisa Anda temui di Jakarta, di Jalan Condet.

Selain itu, Ustaz Khalid juga menekuni aktivitas lembaga sebagai Ketua Umum Yayasan Ats-Tsabat Jakarta Timur. Ia mengadakan program sedekah kreatif antara lain program beasiswa, umrah gratis, sumur air bersih, dan motor dai.

Kontroversi

Rencana dakwah Ustaz Khalid Basalamah beberapa waktu lalu ditolak beberapa ormas keagamaan di Palu, Sulawesi Tengah. Entah apa alasan jelasnya.

Selain itu, pengajiannya juga sempat dibubarkan oleh GP Ansor dan Banser di Sidoarjo pada tahun 2017 karena dianggap tidak selaras dengan praktik beragama (tradisi agama) Islam "kaum Nahdhiyin".

Rekomendasi