Sering Digunakan K-popers untuk Mengungkapkan Hal Lucu dan Menggemaskan, Apa Arti Kiyowo?

| 01 Oct 2022 11:01
Sering Digunakan K-popers untuk Mengungkapkan Hal Lucu dan Menggemaskan, Apa Arti Kiyowo?
BTS (Twitter @LouisVuitton)

ERA.id - Dalam sepuluh tahun terakhir, bahasa Korea semakin populer bahkan dipelajari negara-negara lain termasuk Indonesia. Hal ini juga karena diikuti ragam hiburan dan drama Korea yang semakin digemari.

Anda mungkin merupakan salah satu penggemar drama, film, ataupun variety show Korea. Jika benar, tentunya Anda tidak asing lagi dengan kata “kiyowo”. Kata ini kerap diucapkan untuk memberikan pujian kepada seseorang yang lucu, imut, atau manis.

Lantas, sebenarnya apa arti dari “kiyowo”?

Nassar sempat dijuluki Oppa Kiyowo. (Foto: Tokopedia on Twitter.com)

 

Makna kata Kiyowo

kiyowo atau gwiyeowo jika dimaknai ke dalam bahasa Indonesia berarti lucu atau imut. Kiyowo adalah salah satu bentuk pujian yang bermakna positif.

Namun, sebelum Anda mengucapkannya untuk memuji seseorang, pastikan dulu bahwa Anda sudah mengenal orang tersebut lebih dekat. Pasalnya, kiyowo termasuk bahasa kasual, dan di Korea sendiri, kata tersebut hanya diucapkan untuk memuji orang-orang terdekat seperti pacar atau sahabat.

Kapan Kata Kiyowo Digunakan?

Jika Anda mempunyai kekasih ataupun sahabat yang sama-sama gemar dengan drama korea, kemudian Anda memuji mereka dengan ungkapan ini, tentu akan menjadikan mereka semakin senang. Di bawah ini adalah contoh penggunaan kiyowo yang dapat Anda coba:

  • Gongwon ane gwiyeoun gangajiga mannayo: Ada banyak anak anjing lucu di taman
  • Neomu gwiyeowo: Lucu sekali
  • Neoneun wanjeon gwiyeowo: Kamu sangat imut!

Kata kiyowo yang digunakan dalam Bentuk Formal

Jika kiyowo hanya dapat digunakan untuk memuji orang-orang yang sudah Anda kenal dekat, lantas bagaimana caranya memuji orang yang baru dikenal atau suatu hal lain yang terkesan lucu? Anda dapat menggunakan dua ungkapan yang memiliki arti sama dengan kiyowo di bawah ini.

Gwiyeopseumnida

Salah satu bentuk formal kiyowo yaitu gwiyeopseumnida yang juga mempunyai arti lucu. Kata ini dapat Anda gunakan dalam kondisi formal, misalnya saat bertemu orang yang baru dikenal, interview, atau mendengar sebuah pengumuman.

Contoh penggunaan gwiyeopseumnida:

  • I gasuga gwiyeopseumnida: Penyanyi itu lucu!

Gwiyeowoyo

Jika Anda hendak memuji orang yang lebih tua, kata yang bisa digunakan adalah gwiyeowoyo. Ungkapan ini juga sering diberikan pada bayi seseorang agar terdengar lebih sopan, meskipun gwiyeowoyo tidak sebaku atau seformal gwiyeopseumnida.

Contoh penggunaan gwiyeowoyo:

  • Gangajiga neomu gwiyeowoyo: Anak anjing itu sangat lucu

Istilah Happy Kiyowo, Apa Itu?

Anda mungkin pernah mendengar kata kiyowo yang digabungkan dengan kata “happy” yang dalam bahasa Inggris artinya senang atau bahagia. Dengan penggabungan demikian, happy kiyowo yang dimaksud adalah orang tersebut terlihat senang dan bahagia karena Anda terlihat begitu lucu, imut, atau manis di matanya. Frasa ini merupakan istilah slang atau bahasa gaul yang sering diucapkan oleh anak-anak muda.

Istilah happy kiyowo juga semakin populer karena oleh para penggemar K-Pop di Indonesia dipergunakan di berbagai media sosial. Istilah ini juga kerap digunakan para remaja laki-laki saat melihat idol atau perempuan yang manis dan imut. Secara formal, memang belum ada  kamus khusus yang memasukkan frasa happy kiyowo, tetapi istilah ini sudah cukup banyak dipakai khususnya oleh kalangan para remaja.

Nah, itulah penjelasan mengenai kata “kiyowo” beserta penggunaan dan padanan katanya. Hal yang perlu diingat dalam penggunaan kata ini adalah konteks atau situasi/kondisi yang sedang berlangsung.

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi