6 Kebiasaan Orang Jawa yang Membuat Banyak Disegani

| 01 Nov 2022 18:06
6 Kebiasaan Orang Jawa yang Membuat Banyak Disegani
Ilustrasi kebiasaan orang Jawa (Unsplash)

ERA.id - Jawa adalah salah satu suku di Nusantara yang memiliki persebaran luas. Menariknya, terdapat beberapa kebiasaan orang Jawa yang membentuk watak dan karakter mereka. Apa saja? Mari simak artikel lebih lanjut.

Dalam buku berjudul A Fragile Nation: The Indonesian Crisis karya Lee Khoon Choy, perilaku sopan santun orang Jawa dibentuk dan menjadi salah satu kelebihan masyarakatnya.

Choy menulis jika di Jawa, orang akan saling serang jika terlalu intim, terlalu keras, terlalu vulgar, atau terlalu blak-blakan. Lingkungan fisik memaksa orang Jawa untuk bersikap sopan.

Etiket Jawa yang rumit bahkan menentukan arah mata, posisi tangan dan cara seseorang duduk, berdiri, menunjuk, menyapa orang, tertawa, berjalan dan berpakaian.

Apa Saja Kebiasaan Orang Jawa?

Di bawah ini adalah beberapa ciri dan kebiasaan orang asal jawa, namun perlu diingat tidak semua masyarakat Jawa memiliki ciri dan kebiasaan di bawah ini.

  1. Pemalu dan suka menyapa

Pastinya Anda pernah bertemu dengan orang-orang dari suku jawa, dani saat berpapasan mereka akan tersenyum dan mengangguk. Sebab, pada dasarnya orang Jawa sangat pemalu dan enggan berinteraksi, apalagi jika berada di lingkungan baru.

Tak hanya itu, meski sangat pemalu, mereka sangat senang menyapa orang yang melewatinya, namun orang Jawa akan sangat jarang berani memulai percakapan.

  1. Tidak Suka Mencari Masalah

    Orang Jawa Tidak Suka Mencari Masalah (Unsplash)

Dalam kehidupan sosial, mayoritas orang Jawa memiliki sifat pantang menyerah, hal ini mereka lakukan untuk menghindari masalah.

Orang Jawa lebih suka mengalah bukan karena mereka takut, tetapi mereka tidak suka berkelahi. Tentu saja sifat yang satu ini memiliki nilai tambah tersendiri, terutama dalam kehidupan berpasangan.

  1. Sangat Menjunjung Tinggi Etika dan Kesopanan

Mayoritas masyarakat Jawa menjunjung tinggi sopan santun, baik yang lebih tua maupun dengan sesamanya. Tak hanya itu, mereka juga sangat pandai menjaga etika sambil berbaur dengan lingkungan sekitar.

Mereka juga sering membungkukkan badan ketika hendak berjalan melewati orang yang jauh lebih tua, dan ini sudah menjadi kebiasaan bagi semua orang Jawa sebagai bentuk hormat, sopan santun, dan sopan santun.

  1. Pekerja keras dan juga penurut

Jika dilihat dalam lingkup perusahaan, orang Jawa adalah pekerja terbaik. Karena mereka selalu melakukan apa yang menjadi pekerjaannya tanpa mengeluh dan selalu berdedikasi tinggi terhadap apa yang menjadi beban mereka.

Sebagian besar orang Jawa sangat disiplin dalam waktu dan juga mereka tidak pernah melakukan petualangan dalam hidup mereka. Misalnya, ketika mereka mendapatkan gaji dari keringat mereka, mereka jarang menggunakan uang itu untuk membeli sesuatu yang mereka rasa tidak penting.

  1. Memiliki Filosofi Hidup Yang Mengalir Seperti Air

Seperti yang telah disebutkan di atas, orang Jawa tidak terlalu memiliki jiwa petualang dan memiliki prinsip yang mengalir seperti air (yang tentunya sudah menjadi karakter orang Jawa).

Kebanyakan dari orang Jawa tidak terlalu mempermasalahkan beban hidup yang mereka hadapi. Selama usaha mereka berjalan, mereka bisa menghidupi keluarga dan tidak memiliki hutang, mereka sangat bersyukur.

Selain itu, orang Jawa selalu berpegang pada prinsip bahwa hidup tidak perlu dibingungkan dan bahwa hidup harus dijalani. Itulah falsafah mayoritas yang dipegang oleh orang Jawa.

  1. Selalu Berusaha Menerima Apa Adanya

    orang Jawa selalu menerima pasangan apa adanya (Unsplash)

Hal lain yang disukai banyak orang dari suku Jawa adalah sikapnya yang suka menerima apa adanya, terutama dalam urusan percintaan. Mereka selalu berusaha menerima segala keadaan dari pasangannya.

Selama mereka sudah saling menyukai dan juga merasa sangat cocok. Ya, langkah selanjutnya adalah segera menikah dan membangun rumah tangga yang Sakinah, Mawadah, Warahmah.

Selain kebiasaan orang Jawa, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi