Membaca Weton Rabu Pon Menurut Primbon Jawa Terkait Watak, Asmara, dan Rezeki

| 31 Jan 2023 15:15
Membaca Weton Rabu Pon Menurut Primbon Jawa Terkait Watak, Asmara, dan Rezeki
Ilustrasi kalender (freepik)

ERA.id - Weton menjadi hal yang umum bagi masyarakat Jawa. Dalam KBBI, weton bermakna hari lahir seseorang dengan pasarannya (Legi, Paing, Pon, Wage, Kliwon). Secara umum, weton dikaitkan dengan berbagai hal, misalnya soal karakter, asmara, dan rezeki. Terkait hal tersebut, bagaimanakah Rabu Pon menurut primpon Jawa?

 Ilustrasi pedagang (unsplash)

Bagi sebagian masyarakat Jawa, primbon menjadi acuan untuk menilai atau memprediksi suatu keadaan atau kondisi, termasuk weton seseorang. Untuk mengetahui apa saja yang terkait dengan weton Rabu Pon, simak uraian berikut yang dikutip Era dari situs web Budaya Jawa.

Weton Rabu Pon Menurut Primbon Jawa

·         Watak

Berdasarkan primbon Jawa Kuno, Rabu Pon berwatak seperti lakuning rembulan, yang maksudnya adalah bisa menerangi hati orang lain. Orang dengan weton Rabu Pon dianggap bisa menjadi motivator atau menguatkan perasaan orang lain.

Terkait karakter berdasarkan weton, orang Rabu Pon dianggap sebagai orang yang santun, sopan, pandai beradaptasi, dan bersifat meneduhkan. Secara khusus, perempuan berweton Rabu Pon biasanya punya sifat posesif yang tinggi dan sangat kuat.

Orang Rabu Pon dianggap sebagai orang yang sangar cerdas, berwawasan luas, dan pandai bergaul. Sifat positif tersebut membuat orang lain suka dengan orang Rabu Pon.

Sementara, sifat negatif dari orang Rabu Pon antara lain tidak disiplin, suka pamer, suka dipuji, agak pemalas, dan ucapannya kadang berisi sindiran. Orang Rabu Pon termasuk orang yang cepat mengambil tindakan, tetapi hal tersebut cukup sering menyebabkan penyesalan karena dianggap kurang tepat.

·         Cinta (Asmara)

Orang berweton Rabu Pon dinilai cocok bersanding dengan orang yang lahir dengan neptu 15 atau 10. Beberapa weton dengan neptu tersebut adalah Selasa Pon, Kamis Pon, Minggu Legi, Rabu Kliwon, Jumat Pahing, dan Jumat Wage.

Orang Rabu Pon disebut akan memiliki hubungan asmara yang bahagia, tentram, dan langgeng jika pasangannya adalah orang dengan neptu 15 atau 10 tersebut. Hal tersebut berlaku bagi pasangan kekasih dan rumah tangga (suami istri). Ada beberapa angka yang disebut sebagai angka keberuntungan Rabu Pon, yaitu 7, 4, 9, dan 1.

·         Karier

Neptu dari Rabu Pon adalah 14, berasal dari Rabu (7) dan Pon (7). Berdasarkan primbon Jawa Kuno, pekerjaan yang cocok bagi orang Rabu Pon adalah pekerjaan atau profesi yang tidak memiliki peraturan ketat, misalnya wirausaha, seniman, dan pedagang.

Karier dari orang Rabu Pon bisa terpengaruh oleh karakter buruk yang dimiliki. Jika karakter atau watak buruk tersebut bisa diperbaiki, orang Rabu Pon bisa bekerja di berbagai bidang, terlebih lagi mereka memiliki otak yang cerdas.

·         Rezeki

Hal ini bisa berkaitan dengan karier. Rezeki orang dengan weton Rabu Pon bisa dibilang baik, keluarganya hidup berkecukupan. Meski demikian, hal tersebut bukanlah kepastian. Rezeki akan buruk jika orang Rabu Pon bermalas-malasan dalam bekerja, tidak mampu mengendalikan emosi, hasil pekerjaan kurang baik, dan tidak bertanggung jawab.

Perkiraan rezeki juga bisa berbeda bagi orang yang sedang mencari pekerjaan dan orang yang berprofesi sebagai nelayan. Selain itu, rezeki keluarga bisa mengalami peningkatan jika ayah atau kakak dalam keluarga tersebut memiliki neptu di bawah 14.

Itulah berbagai hal terkait weton Rabu Pon menurut primbon Jawa. Anda bebas untuk mempercayainya atau tidak. Berbagai hal di dunia ini bisa mengalami perubahan tergantung usaha dan doa dari orang terkait. 

Rekomendasi