Ini Alasan Mengapa Budaya Korea Populer di Indonesia dalam Beberapa Tahun Terakhir

| 24 Feb 2023 17:15
Ini Alasan Mengapa Budaya Korea Populer di Indonesia dalam Beberapa Tahun Terakhir
Mengapa budaya korea populer di indonesia (unsplash)

ERA.id - Pertanyaan, mengapa budaya korea populer di indonesia, tentu masih menjadi teka-teki. Namun melalui artikel ini akan dijelaskan beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Budaya Korea menjadi populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, terutama sejak popularitas K-Pop dan K-Drama semakin meningkat di Indonesia.

Apa saja budaya Korea yang diminati oleh remaja Indonesia?

Dilansir dari laman EGSA GEO UGM, perkembangan budaya Korea di Indonesia berkembang pesat dan meluas secara global dalam dua dekade terakhir. Keberadaan yang cenderung diterima publik tersebut menghasilkan suatu fenomena “Korean Wave” atau “Hallyu”.

Fenomena Hallyu kini sering dijumpai di Indonesia dan berdampak pada kehidupan sehari-hari terutama generasi milenial. Fenomena tersebut didorong oleh perkembangan teknologi informasi yang masif sebagai akibat dari globalisasi.

Apa saja budaya Korea yang diminati oleh remaja Indonesia (unsplash)

Perlu diketahui, Korean Wave diawali dengan dunia hiburan seperti musik, drama, dan variety shows (yang dibungkus dengan budaya-budaya Korea). Hingga kemudian, budaya Korea banyak diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Para pecinta budaya Korea, mulai menerapkannya melalui fashion, make up, korean skincare, kuliner, gaya bicara, hingga bahasa. Kemudian salah satu produk Korean Wave yang sangat diminati kaum milenial adalah musik pop.

Musik pop Korea (K-pop) adalah salah satu sub-sektor hiburan yang mengangkat perekonomian Korea Selatan. Pemerintah Korea Selatan sendiri memang sudah lama memberi perhatian khusus terhadap industri musik mereka.

Diketahui, pada akhir dekade 1990-an, ketika sebagian besar Asia mengalami krisis keuangan, Korea Selatan justru membentuk Kementerian Kebudayaan dengan departemen khusus K-pop.

Pemerintah Korea diketahui juga membangun auditorium konser raksasa dan membuat teknologi hologram lebih sempurna, untuk melindungi industri K-pop.

Apa yang dilakukan pemerintah Korea tersebut menunjukkan kesungguhan dalam memberdayakan popularitas artis mereka. Sebagai contoh, pemerintah Korea Selatan mampu menjadikan sebuah halte bus, bekas tempat shooting video klip sebuah idol group, di daerah pantai yang terpencil sebagai objek wisata populer.

Alasan Mengapa Budaya Korea Populer di Indonesia

Setidaknya terdapat beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, di antaranya:

  1. Cerita yang menarik dan menghibur

Dalam K-Drama, cerita yang diangkat selalu menarik dan menghibur penonton. Kehidupan sehari-hari yang diangkat dalam K-Drama selalu dikemas dengan cara yang unik dan menarik, sehingga penonton bisa merasakan berbagai macam emosi seperti sedih, senang, marah, dan lain sebagainya.

  1. Musik K-Pop yang catchy

Selain cerita di K-Drama, musik K-Pop juga sangat catchy dan mudah diingat. Musik K-Pop biasanya memiliki beat yang kuat dan diiringi dengan tarian yang enerjik, sehingga mudah diikuti dan diingat oleh penonton.

  1. Aktor dan aktris yang menarik

K-Drama biasanya dibintangi oleh aktor dan aktris yang menarik dan memiliki wajah yang tampan atau cantik. Hal ini membuat penonton terpesona dan tertarik untuk menonton K-Drama.

  1. Sinematografi yang indah

Sinematografi dalam K-Drama juga sangat indah dan menarik. Lokasi syuting yang diambil biasanya memiliki pemandangan yang indah dan menawan, sehingga membuat penonton terpesona.

  1. Budaya yang berbeda

Budaya Korea yang berbeda dengan Indonesia juga menjadi faktor yang membuatnya populer di Indonesia. Penonton Indonesia merasa penasaran dan ingin mengetahui lebih banyak tentang budaya Korea, seperti makanan (fusion food dan buldog contohnya), bahasa, pakaian tradisional, dan lain sebagainya.

  1. Kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi yang memudahkan akses ke konten Korea seperti K-Drama dan K-Pop juga membuatnya semakin populer di Indonesia. Dengan adanya platform streaming seperti Netflix dan Viu, penonton bisa dengan mudah menonton K-Drama dan K-Pop di mana saja dan kapan saja.

Secara keseluruhan, faktor-faktor di atas menyebabkan budaya Korea menjadi semakin populer di Indonesia. K-Drama dan K-Pop berhasil memikat hati penonton Indonesia dan membuat mereka terus tertarik untuk mengikuti perkembangan terbaru dari budaya Korea.

Selain mengapa budaya korea populer di indonesia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman.

Tags : budaya korea k-pop
Rekomendasi