Tradisi Minum Teh di Indonesia, Dipopulerkan Penjajah hingga Jadi Komoditas Besar

| 15 Apr 2023 12:05
Tradisi Minum Teh di Indonesia, Dipopulerkan Penjajah hingga Jadi Komoditas Besar
Tradisi minum teh di indonesia (unsplash)

ERA.id - Teh adalah minuman yang sangat populer di Indonesia dan menjadi salah satu minuman yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Lantas bagaimana tradisi minum teh di indonesia dan sejarahnya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Teh memiliki banyak sekali manfaat dan dianggap sebagai simbol persahabatan, keramahan, serta keharmonisan dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Di bawah ini, akan dibahas tentang budaya minum teh di Indonesia.

Asal Usul Teh di Indonesia

Dilansir dari Kuoni, teh diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1600-an oleh para penjajah Belanda yang ingin meniru kesuksesan perkebunan teh Inggris di India.

Meskipun awalnya Belanda bereksperimen dengan varietas teh Cina, namun ternyata teh dari India lebih cocok dengan iklim tropis Indonesia yang panas dan lembab.

Teh India lebih cocok ditanam di Indonesia (unsplash)

Pulau-pulau pegunungan di Jawa, Sumatra dan Sulawesi terbukti sangat cocok untuk menanam teh, dengan suhu yang sedikit lebih sejuk dibandingkan dengan daerah lain di nusantara.

Pada akhir abad ke-19, perdagangan teh Indonesia berkembang pesat, dan meskipun sempat mengalami kemunduran dan gangguan selama Perang Dunia Kedua, Indonesia kini menempati peringkat keenam sebagai produsen teh terbesar di dunia.

Tanaman teh berkembang subur dan menghasilkan daun teh berkualitas yang menjadi bahan baku produksi teh Indonesia. Pada masa itu, teh menjadi minuman mewah yang hanya dikonsumsi oleh kalangan bangsawan dan elite.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, teh menjadi semakin populer dan mudah dijumpai di pasar-pasar tradisional maupun supermarket di seluruh Indonesia. Kini, teh menjadi minuman yang bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat, baik itu di rumah, kafe, restoran, atau tempat umum lainnya.

Tradisi Minum Teh di Indonesia

Di Indonesia, minum teh biasanya menjadi tradisi dalam berbagai kesempatan, mulai dari acara formal hingga acara informal. Berikut adalah beberapa tradisi minum teh di Indonesia:

  1. Minum Teh di Pagi Hari

Di Indonesia, minum teh di pagi hari sudah menjadi kebiasaan yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Biasanya teh diminum bersama dengan roti atau makanan ringan lainnya sebagai sarapan.

  1. Minum Teh Saat Bersantai

    Minum Teh di Indonesia biasa dilakukan saat momen santai (unsplash)

Di sela-sela kesibukan, banyak orang Indonesia yang menyempatkan diri untuk minum teh sebagai hiburan atau sebagai waktu santai. Biasanya teh diminum di sore hari atau malam hari setelah aktivitas selesai dilakukan.

Kegiatan minum teh biasa dilakukan bersama-sama dengan keluarga atau teman-teman sebagai ajang untuk berbincang-bincang atau berbagi cerita.

  1. Minum Teh dalam Acara Resmi

Teh juga sering menjadi minuman resmi dalam acara-acara formal seperti acara pernikahan, rapat bisnis, atau acara kenegaraan. Teh disajikan dengan cara yang khusus, misalnya dengan menggunakan cangkir atau teko khusus untuk teh, dan biasanya disajikan dengan makanan ringan.

  1. Minum Teh dalam Budaya Jawa

Di Jawa, teh memiliki makna yang lebih dalam dan dipercaya dapat membawa keharmonisan dalam hubungan sosial. Ada beberapa tradisi minum teh dalam budaya Jawa seperti ketika acara Suronan, ruwatan, bersih desa, kerja bakti di lingkungan kampung, dan beberapa acara lainnya.

  1. Teh di Bali

Cara menikmati teh di Bali diperkenalkan kembali oleh Executive Chef Ben Harrington dengan cara baru.

Dengan cita rasa manis dan gurih yang menggoda selera, Kuta Social Club dengan senang hati mempersembahkan Tipsy Tea, konsep klasik yang ditata ulang dari budaya minum teh di sore hari.

"Belokasi di antara tingginya pepohonan kelapa di mana kesenangan dan rasa nikmat bertemu. Ini adalah permainan baru dari sebuah ritual klasik menikmati minuman teh," imbuhnya.

Selain tradisi minum teh di Indonesia, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi