Malam 1 Suro 2024 Segera Tiba, Mengapa Identik dengan Hal Mistis?

| 04 Jul 2024 21:31
Malam 1 Suro 2024 Segera Tiba, Mengapa Identik dengan Hal Mistis?
Kapan malam 1 suro 2024 (freepik)

ERA.id - Pada Bulan Juli 2024 ini menjadi momen penting bagi masyarakat Jawa karena segera memasuki Bulan Suro. Lantas kapan Malam 1 Suro 2024 jatuh?

Menariknya, di balik perayaan Tahun Baru Jawa ini, terselip anggapan dan cerita mistis yang telah mengakar kuat dalam tradisi dan kebudayaan. Banyak orang percaya jika, malam ini akan muncul makhluk halus dan berbagai kejadian gaib.

Kapan Malam 1 Suro 2024?

Tahun ini, Malam 1 Suro akan jatuh pada Sabtu malam, 6 Juli 2024. Pada malam itu, bertepatan dengan pergantian hari ke Minggu, 7 Juli 2024.

Perlu diketahui bahwa Malam 1 Suro dimulai sejak matahari terbenam pada hari Sabtu, sehingga ritual dan tradisi terkait Malam 1 Suro biasanya dilakukan pada malam harinya.

Pertanyaannya adalah dari mana asal-usul anggapan mistis ini? Dan apa makna sebenarnya di balik Malam 1 Suro?

Sejarah Malam 1 Suro

Dilansir dari laman Universitas Islam An Nur Lampung, sejarah Malam Satu Suro Berawal dari upaya Sunan Giri II di masa Kerajaan Demak dalam rangka memperkenalkan kalender Islam kepada masyarakat Jawa.

Penyesuaian sistem kalender Hijriah dengan kalender Jawa ini merupakan langkah strategis untuk menyebarkan syariat Islam secara lebih luas.

Kemudian, seiring perjalanan waktu, pada masa Kerajaan Mataram, Sultan Agung Hanyokrokusumo melihat potensi Malam 1 Suro sebagai alat pemersatu. Di tengah gejolak politik dan perbedaan keyakinan, Sultan Agung menetapkan 1 Suro sebagai awal tahun baru Jawa.

Alasan Sultan Agung sendiri dimaksudkan untuk memperkuat identitas Jawa dan menyatukan rakyatnya di bawah naungan budaya dan tradisi yang sama.

Tahun Baru Islam lebih dari sekadar pergantian tahun, dan menjadi momen simbol perpaduan budaya. Sultan Agung memadukan kalender Saka, warisan Hindu, dengan kalender Hijriah, dan melahirkan kalender Jawa.

Sebelum melanjutkan, baca juga artikel yang membahas Doa Tahun Baru Islam

Malam Satu Suro, penanda Tahun Baru Jawa, selalu menyelimuti diri dalam nuansa mistis dan tradisi yang telah mengakar lama. Menurut sejarawan Muhammad Solikhin dalam bukunya "Misteri Bulan Suro: Perspektif Islam Jawa (2010)", tradisi ini erat kaitannya dengan budaya keraton.

Malam Satu Suro Identik dengan Hal Mistis (freepik)

Kaitannya dengan Unsur Mistik

Terkait hubungan Malam Satu Suro dengan nuansa mistis, menurut sejarawan Muhammad Solikhin dalam bukunya "Misteri Bulan Suro: Perspektif Islam Jawa (2010)", tradisi ini erat kaitannya dengan budaya keraton.

Perlu diketahui, pada masa lampau, para raja di tanah Jawa kerap menggelar upacara dan ritual khusus di Malam Satu Suro. Tradisi ini kemudian diwariskan turun-temurun dan menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya masyarakat Jawa.

Selain itu, masyarakat Jawa juga meyakini bahwa Malam Satu Suro memiliki kekuatan gaib, yang dapat mendatangkan gangguan dari makhluk halus. Untuk menangkalnya, berbagai ritual pun dilakukan, seperti ruwatan, memandikan pusaka keraton, hingga tirakat.

Dengan demikian, Malam 1 Suro bukan sekadar malam mistis yang diselimuti cerita-cerita horor. Di balik tradisi dan ritualnya, terkandung makna mendalam tentang sejarah, budaya, dan nilai-nilai spiritualitas. Malam ini menjadi momen refleksi diri, untuk mengenang masa lampau, menghargai tradisi, dan memperkuat rasa persatuan sebagai bangsa.

Selain kapan malam 1 suro 2024, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi