Viral Wisuda ITB Oktober 2020 Bikin Kecewa Peserta, Kenapa?

Tim Editor

Wisuda ITB (Dok. ITB)

ERA.id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar wisuda pada Sabtu (24/10) secara daring. Ada 1.900 wisudawan yang mengikuti prosesi wisuda tersebut. Namun, prosesi kelulusan tahunan itu menuai kritikan. 

Kritikan tersebut muncul saat prosesi wisuda ITB dilakukan hanya dengan mengupload video di YouTube dan bukan live streaming. Bukan cuma itu, nama wisudawan tak dibacakan, dan tanpa baju toga sebagai simbol wisuda.

"Wisuda ITB oct 2020 menyedihkan, ga pake toga, ga live cuman video upload, nama-nama wisudawan gak dibacain. Apakah sah? Otrtu sedih ga pnunya kenangan wisuda. Dilarang masuk kampus cuma buat foto, kampus lain udah pakai robot. Banjir komen kecewa," tulis akun @untoldlottery.

@untoldlottery

Wisudaku hyung ##wisudaitb ##fyp ##foryoupage ##foryou

♬ Kamu & Kenangan - Original Soundtrack Habibie & Ainun 3 - Maudy Ayunda

Seorang peserta wisuda membenarkan video tersebut. Peserta wisuda yang enggan disebut namanya itu mengaku kecewa karena pihak ITB tak menyiarkan secara langsung prosesi wisuda yang berlangsung daring.

"Iyaa enggak live, cuma nonton video di YouTube saja. Video juga lebih ke sambutan-sambutan tiap fakultas. Untuk nama-nama wisudawan yang tidak dibacakan itu memang benar, hanya menampilkan nama mahasiswa yang cumlaude," ujar mahasiswa jurusan jurusan sains dan teknologi farmasi itu kepada ERA.id. Senin (26/10/2020).

Padahal para peserta wisuda wajib membayar biaya Rp700.000 untuk baju toga, medali, ijazah, dan buku wisuda. Namun, sampai wisuda selesai, baju toga tak kunjung diterima.

"Untuk pembayaran wisuda saja baru disuruh bayar tanggal 22-30 oktober. Sedangkan wisudanya saja tgl 24 oktober. Dan untuk pengambilan toganya di tanggal 2-30 November. Hanya itu info dari ITB-nya," ujarnya.

Ia dan para wisudawan juga banyak yang kecewa. Pasalnya tak ada kenangan untuk prosesi kelulusan dari Universitas ternama di Indonesia itu. Apalagi, sebagai institut teknologi, harusnya ITB berinovasi dalam menyiasati wisuda di masa pandemi.

Pihak kampus ITB belum memberikan konformasi soal prosesi wisuda daring yang menuai kekecewaan ini. Video prosesi wisuda di akun YouTube ITB juga sudah di-private. (Anda Mahardika)

 

 

Tag: itb

Bagikan: