Pura Mangkunegaran Akan Tampilkan Tarian Khas di Australia

| 29 Jul 2022 22:13
Pura Mangkunegaran Akan Tampilkan Tarian Khas di Australia
Penguasa Pura Mangkunegaran KGPAA Mangkunegara X menyambut kontingen dari sebelas negara yang akan bertanding dalam APG 2022, Solo. (Amalia/ ERA)

ERA.id - Pura Mangkunegaran tengah aktif mengenalkan budayanya, baik di dalam negeri maupun di mancanegara. Dalam waktu dekat rencananya Pura Mangkunegaran akan menyajikan tarian dari Departemen Langenpraja di Australia dan Thailand.

Sebelumnya, Pura Mangkunegaran mengenalkan budayanya di Malaysia dalam acara Borneo Cultural Festival. Di Negeri Jiran tersebut, Pura Mangkunegaran menyajikan tarian Golek Montro.

Rencananya pada bulan Agustus, Pura Mangkunegaran juga akan mengenalkan budayanya di Australia dan Thailand. Hal ini disampaikan oleh Penguasa Pura Mangkunegaran Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X.

"Bulan Agustus di Australia dan selanjutnya bulan September di Thailand," katanya saat ditemui usai menjadi tuan rumah Welcome Dinner di Pendapi Ageng Pura Mangkunegaran, Solo, Kamis (29/7/2022).

Pada kesempatan ini tarian Golek Montro juga disajikan untuk para tamu undangan kontingen dari 11 negara yang akan bertanding dalam ASEAN Para Games 2022. Tarian dan welcome dinner ini merupakan bentuk dukungan dari Pura Mangkunegaran dalam pesta olahraga untuk para penyandang disabilitas ini.

"Ini bentuk dukungan kami untuk  acara ini. Menurut saya yang diupayakan panitia, penyelenggara, serta Pemkot Solo sangat besar untuk event internasional ini. Bukan hanya sekadar acara olahraga, namun untuk menunjukkan kekuatan dari saudara-saudara kita juga," katanya.

Sebelumnya, Pura Mangkunegaran juga menjadi tuan rumah untuk Welcome Dinner dalam acara Trade Industry and Investment Working Group (TIIWG) pada bulan Maret 2022 lalu. Diakuinya bahwa banyak acara yang dibuat di Pura Mangkunegaran ini sebagai bentuk pengenalan budaya dan untuk meningkatkan pariwisata.

"Jadi jangkauannya bisa luas, bukan hanya secara nasional tapi juga mengenalkan budaya Mangkunegaran, tidak hanya di dalam negeri tapi juga di luar negeri," katanya.

Tags : apg solo
Rekomendasi