Momen Ganjar Pranowo dan Gibran Rakabuming Ikut Kirab Malam Satu Suro Keraton Kasunanan Surakarta

| 30 Jul 2022 14:33
Kirab Malam Satu Suro yang dipimpin Putra Mahkota Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Purboyo dan didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Solo, Sabtu (30/7/2022) dini hari.

ERA.id - Sebanyak sembilan pusaka dikeluarkan dalam tradisi kirab malam 1 Suro Tahun Ehe 1956 di Keraton Solo, Jawa Tengah, pada Sabtu (30/7/2022) dini hari. Dalam kirab ini, ada empat kerbau keturunan Kyai Slamet yang menjadi cucuk lampah, diikuti oleh keluarga, kerabat dan abdi dalem serta tamu undangan.

Prosesi ini dimulai sekitar pukul 21.00 WIB pada Jumat (29/7/2022) malam. Awalnya dimulai dengan pembacaan doa, tahlil, salawat, perenungan, dan pembacaan rincian pusaka yang dikirab.

Dalam upacara adat ini hadir Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dan jajaran forkompinda Solo. Mereka turut serta dalam kirab ini.

Kirab dimulai dengan mengarak sembilan pusaka pada pukul 00.00 WIB dengan ditandai pemukulan lonceng sebanyak 12 kali.

Dalam kirab ini dipimpin oleh Putra Mahkota Keraton Solo Kanjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Purbaya atau Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Anom (KGPAA) Sudibyo Raja Putro Nalendra Ing Mataram dan didampingi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Dalam kirab ini mengambil rute Supit Urang, Jalan Pakubuwana, Gapura Gladag, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Mayor Kusmanto, Jalan Kapten Mulyadi, Jalan Veteran, Jalan Yos Sudarso, Jalan Slamet Riyadi dan kembali ke Keraton Solo.

”Ada sembilan pusaka yang dikeluarkan. Termasuk juga kerbau yang mengiringi pusaka,” lata Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta KGPH Dipokusumo.

Untuk kerbau yang mengiringi upacara adat ini ada empat ekor. Sebelumnya empat kerbau ini menjalani karantina karena terpapar virus penyakit mulut dan kuku.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku baru pertama kali mengikuti kirab ini. Menurutnya mengikuti kegiatan ini sebagai salah satu bentuk untuk nguri-uri kebudayaan Jawa. ”Apalagi Kirab Malam 1 Suro ini merupakan salah satu event terbesar di kota Solo,” katanya.

Sementara itu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan kirab yang dilaksanakan oleh Keraton Kasunanan Surakarta dan Pura Mangkunegaran berjalan dengan baik. ”Masyarakat bisa melihat dan mengikuti dengan nilai-nilai baiknya,” katanya.

 

Rekomendasi