BI Banten Siapkan Uang Tunai Rp3,5 Triliun untuk Natal dan Tahun Baru

| 18 Dec 2022 17:01
BI Banten Siapkan Uang Tunai Rp3,5 Triliun untuk Natal dan Tahun Baru
Ilustrasi uang (Istimewa)

ERA.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten, menyiapkan uang tunai layak edar sebesar Rp3,5 triliun. Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Kami memiliki peran dalam rangka menghadapi Nataru dengan mempersiapkan uang layak edar dan transaksi digital. Maka itu kami sudah menyiapkan uang layak edar sebesar Rp3,5 triliun," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Imaduddin Sahabat dalam keterangannya, Minggu (17/12/2022).

Imaduddin mengatakan, selain itu BI juga memiliki peran dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Banten. Maka itu, kolaborasi dilakukan guna menekan inflasi terkhusus di wilayah Tanah Jawara.

"2023 penuh tantangan. Kedepan akan lebih baik lagi baik inflasi dan pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan-Divisi Implementasi SP PUR & MI, Agus Hartanto menambahkan, uang layak edar yang dipersiapkan mengalami peningkatan 14 persen dari tahun 2021 yang hanya Rp2 triliun.

Namun, berdasarkan prediksi, penggunaan uang layak edar pada natal dan tahun baru sampai Rp2,4 triliun. Persediaan sengaja diperbanyak guna memberikan layanan maksimal kepada masyarakat.

"Rp3,5 triliun uang baru kita siapkan. Tapi prediksi penggunaannya mencapai Rp2,4 triliun naik 14 persen dari tahun sebelumnya Rp2 triliun," jelasnya.

Di sisi lain, pihaknya menginformasikan penggunaan uang baru yang di launching Agustus 2022 hingga kini sudah mencapai Rp313 miliar. "Untuk uang baru, sudah tersebar Rp313 miliar uang baru beredar sejak Agustus 2022," jelasnya. 

Rekomendasi