UEA Akan Bantu Solo Lagi, Akankah Ada Timbal Balik Setelahnya?

| 24 Dec 2022 18:03
UEA Akan Bantu Solo Lagi, Akankah Ada Timbal Balik Setelahnya?
Presiden Jokowi dan Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al-Nahyan saat salat di Masjid Raya Syeikh Zayed, Senin (14/11/2022). (Dok. Pemkot Solo)

ERA.id - Uni Emirat Arab (UEA) akan memberikan bantuan dana untuk sejumlah program pembangunan di Kota Solo, meski Wali Kota Gibran Rakabuming Raka belum memaparkan apa-apa soal kotanya ke pemerintah UEA.

”Mohon doanya juga bapak- ibu, saya dapat kabar baik. Besok Minggu saya mau terbang ke Abu Dhabi. Ternyata besok langsung tanda tangan tok. Jadi nggak usah presentasi lagi,” ucap Gibran di sela kunjungannya di Taman Pracima atau Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran, Jumat (23/12/2022) malam.

Katanya pemerintah UEA telah mendanai pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed dan Islamic Center di Kota Solo. Selanjutnya, kawasan kumuh di kota Solo, khususnya di rumah-rumah tak layak huni, akan diatasi. ”Kami selesaikan selama dua tahun. Jadi kawasan kumuh Insyaallah bisa 0 persen,” ucapnya.

Selain itu pemerintah UEA akan mendanai pembangunan jalan-jalan kampung yang belum layak dan belum diaspal. Selain itu stunting di kota Solo juga akan diatasi.

Gibran mengungkap, bantuan ini tidak lepas dari perbincangannya dengan Presiden UEA Sheikh Mohammed bi Zayed Al-Nahyan (MBZ) selama 15 menit sewaktu Gibran mengantar MBZ ke bandara.

Sementara saat ditanya apakah ada imbal balik dari Kota Solo untuk UEA, ia menegaskan bahwa pemberian dana ini merupakan bantuan persahabatan UEA dan atas kebaikan dari MBZ. ”Ini kebaikan dari beliau, buktinya beliau memberi masjid, memberi Islamic Center,” ucapnya.

Rekomendasi