Ditemukan Jejak Kaki Diduga Harimau di Sekitar Matinya Ternak di Tapsel Sumut

| 03 Mar 2023 16:17
Ditemukan Jejak Kaki Diduga Harimau di Sekitar Matinya Ternak di Tapsel Sumut
Telapak kaki diduga harimau di Tapanuli Selatan (Ilham/Era)

ERA.id - Sebanyak tiga ekor hewan ternak jenis lembu atau sapi milik Kaya Nasution warga Desa Lantosan Rogas, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) hilang dari kandang.

Kaya pertama kali mengetahui tiga ekor lembu miliknya hilang dari kandang pada, Senin 25 Februari 2023. Padahal, dua hari sebelumnya, Sabtu 25 Februari 2023, ketiga lembunya masih berada di dalam kandang.

"Kaya Nasution bersama orang tuanya memeriksa ternyata tiga ekor lembu miliknya sudah tidak ada dalam kandang. Sehingga melakukan upaya pencarian di sekitar kandang," terang Kapolres Tapsel AKBP Imam Zamroni saat dikonfirmasi ERA, Jumat (3/3/2023).

Imam mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil pencarian mendapati satu ekor lembu ditemukan telah dalam keadaan mati. Sementara pada tubuh lembu ini ditemukan sebuah luka bekas cabikan.

"Jarak pemukiman dengan lokasi kejadian diperkirakan 3 kilometer (km)," ujarnya.

Kejadian ini, lanjut Imam, membuat perangkat desa bersama pemilik ternak dan masyarakat melakukan penelusuran untuk memastikan penyebab kematian lembu tersebut. Dia mengatakan hasil penelurusan ditemukan jejak atau tapak kaki binatang buas diduga harimau di sekitar lokasi matinya lembu tersebut.

Penemuan jejak diduga harimau ini, tambah Imam, membuat masyarakat tidak berani pergi ke kebun ataupun sawah. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) terkait peristiwa ini.

"Perlu kiranya pihak BBKSDA bersama Muspika setempat melakukan pembersihan di sekitar tempat kejadian, agar masyarakat tidak khawatir atau akut untuk berangkat ke kebun maupun ke sawah. Serta melakukan penyelidikan berhubung dua ekor lembu masih belum ditemukan," pungkas Imam.

Rekomendasi