9.770 Wisatawan Kunjungi Kota Sabang Aceh Saat Libur Lebaran, Pj Wali Kota Sebut Ada Rp7,3 Miliar Transaksi Ekonomi

| 29 Apr 2023 13:06
9.770 Wisatawan Kunjungi Kota Sabang Aceh Saat Libur Lebaran, Pj Wali Kota Sebut Ada Rp7,3 Miliar Transaksi Ekonomi
Wisatawan berkunjung ke Kota Sabang Aceh. (Antara)

ERA.id - Sebanyak 9.770 wisatawan berkunjung ke Kota Sabang, Provinsi Aceh,  selama libur Lebaran atau periode 22-27 April 2023. Provinsi Aceh. Dampak dari itu ada transaksi ekonomi senilai Rp7,3 miliar. 

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Sabang, Aceh, mengatakan wisatawan yang berlibur ke Pulau Weh, Sabang, itu didominasi oleh wisatawan dari kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara, serta sebagian dari Jakarta dan kota lain di Pulau Jawa.

"Dalam periode tersebut terjadi perputaran uang yang ikut menggerakkan roda perekonomian masyarakat Kota Sabang sebesar Rp7,3 miliar lebih," katanya, Sabtu (29/4/2023). 

Ia menjelaskan lonjakan kunjungan wisatawan tersebut berdampak positif pada sektor usaha akomodasi, transportasi serta makanan dan minuman yang ada di Pulau Weh.

"Ini tentunya berdampak positif bagi seluruh sektor, baik itu akomodasi, transportasi, dan kuliner," katanya.

Selain itu, lanjut dia, juga berdampak pada pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bergerak pada sektor cendera mata serta jenis lainnya untuk dijadikan oleh-oleh dari Sabang.

Reza berharap kunjungan wisatawan akan terus meningkat dan pariwisata Sabang semakin terkenal, sehingga akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat Sabang.

"Terutama pada sektor usaha akomodasi, transportasi, dan kuliner di Kota Sabang," ujarnya. (Ant)

Rekomendasi