Dua Kali Menjadi Inspektur Upacara HUT ke 279 Kota Solo, Mangkunegara X Suksesor Gibran?

| 17 Feb 2024 18:05
Dua Kali Menjadi Inspektur Upacara HUT ke 279 Kota Solo, Mangkunegara X Suksesor Gibran?
Calon Wakil Presiden nomor urut 2 yang sekaligus Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama KGPAA Mangkunegara X saat menghadiri Upacara HUT Kota Solo ke-279, Solo, Sabtu (17/2/2024). (Dokumentasi Pemkot Solo)

ERA.id - Dalam peringatan HUT ke-279 Kota Solo, pada Sabtu (17/2/2024), Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X bertugas menjadi inspektur upacara untuk kedua kalinya. Apa benar Mangkunegara X suksesor Gibran di pemilihan presiden 2024? 

Sebelumnya, pria yang memiliki nama kecil Gusti Bhre ini pernah bertugas menjadi inspektur upacara saat peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2023, dan tahun ini dia bertugas kembali di momen yang sama.

Terkait penunjukan Mangkunegara X sebagai inspektur upacara, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menyatakan tak ada makna khusus. Termasuk saat dikaitkan dengan suksesor Gibran pasca dirinya memenangkan pemilu mendampingi Prabowo Subianto sebagai calon wakil presiden.

”Bukan (terkait suksesi), nanti yang menentukan warga. Sekarang kan saya nggak pernah jadi irup (inspektur upacara),” kata Gibran usai upacara berakhir. 

Gibran pun juga enggan menjawab mengenai kelanjutan kepemimpinan kota Solo pasca dirinya tak lagi menjabat sebagai Wali Kota. ”Ya nggak tahu, kok tanya saya, yang meneruskan siapa, yang menentukan warga,” katanya. 

Menurut suami dari Selvi Ananda ini, masih lebih banyak sosok yang pintar dibandingkan dirinya. Solo tidak akan kehabisan stok pemimpin saat dirinya nanti menjabat sebagai wakil presiden. 

Sehingga saat ditanya mengenai suksesi, Gibran enggan membahasnya. Dirinya justru membuat sindiran bahwa sosok yang lebih tepat mengajukan nama untuk Wali Kota yakni Ketua DPC PDIP Kota SOlo FX Hadi Rudyatmo. 

Lha aku ki sopo, opo aku isoh ngajokne uwong dadi wali kota. Emange aku ketua DPC. (Memangnya saya itu siapa, apa saya bisa mengajukan orang jadi wali kota. Emang saya ketua DPC). Banyak tokoh potensial yang lebih pintar dari saya, saya yakin Pak Rudy banyak stok yang lebih dari saya,” katanya. 

Rekomendasi