MUI Lebak: Konten Tukar Istri dari Gus Samsudin Itu Haram dan Sesat!

| 13 Mar 2024 21:35
MUI Lebak: Konten Tukar Istri dari Gus Samsudin Itu Haram dan Sesat!
Gus Samsudin saat berada di Polda Jatim. (Humas Polda Jatim)

ERA.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Lebak, menganggap konten tukar istri yang dibuat Gus Samsudin merupakan perbuatan sesat.

MUI Lebak pun mengharamkan tukar istri atau tukar pasangan tanpa ikatan pernikahan yang sah secara agama sesuai aturan ajaran Islam.

"Saya kira tukar isteri itu ajaran menyimpang dan sesat seperti video viral pengajian boleh tukar pasangan yang dibuat oleh Gus Samsudin di media sosial," kata Wakil Ketua MUI Kabupaten Lebak, KH Ahmad Hudori di Lebak, Rabu (13/3/2024).

Ajaran Islam mengharamkan tukar istri atau tukar pasangan tanpa ikatan pernikahan, karena akan menimbulkan kekacauan dalam keturunan ketika memiliki anak.

Seandainya mereka setiap hari atau setiap minggu berhubungan seks dengan tukar pasangan, kata dia, tentu sudah jelas secara Islam, jika orang yang telah menikah berhubungan seksual dengan orang lain selain istrinya, maka hukumannya dirajam atau dilempar batu hingga meninggal dunia.

"Itu berdasarkan hukum Islam," ujarnya.

Menurut dia, hukum di Indonesia tidak ada seperti hukuman rajam, namun mereka yang mengajarkannya harus dihukum secara hukum negara. Sebab mereka telah menyampaikan ajaran sesat dan menyimpang juga hukumnya haram mutlak dan tidak ada perbedaan pendapat dari kalangan ulama.

"Tukar istri dan tukar pasangan tanpa ikatan pernikahan itu jelas-jelas hukumnya haram," katanya.

Bahkan menikah mut'ah atau kawin kontrak saja menurut ulama-ulama jumhur, kata dia,  sudah mengharamkan, apalagi itu sedikitpun tanpa ikatan pernikahan. Meski pun mereka tukar isteri berlandaskan bahwa Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan antara laki -laki dan perempuan.

Landasan itu, kata Kiai Hudori, memang betul bahwa Allah menciptakan manusia berpasang-pasangan, tetapi ada batasan-batasannya, mana yang boleh, juga mana yang tidak boleh.

"Begitu juga mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan," katanya.

Rekomendasi