Sulsel Diguyur Dana Inpres Jalan Daerah Rp900 Miliar, Pj Gubernur Bahtiar: Presiden Percaya Kita

| 16 Mar 2024 14:02
Sulsel Diguyur Dana Inpres Jalan Daerah Rp900 Miliar, Pj Gubernur Bahtiar: Presiden Percaya Kita
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. (Dok. Humas Pemprov Sulawesi Selatan)

ERA.id - Pemerintah Pusat mempercepat konektivitas jalan daerah khususnya di Provinsi Sulawesi Selatan, melalui alokasi dana Inpres Jalan Daerah (IJD) 2024.

Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, di Makassar, Jumat, menyampaikan, Provinsi Sulsel telah diberikan anggaran sebesar Rp669 miliar untuk tahun 2023, dan tahun 2024 ini mengalami meningkat hingga Rp900 miliar dalam upaya percepatan konektifitas.

"Bapak Presiden di depan Forkopimda, saya, adapula Bupati Maros, Bupati Gowa, Pj Bupati Takalar dan Bupati Pangkep, menyampaikan langsung, belum diminta (pertemuan di Jakarta). Artinya Presiden sangat percaya sekali pada kita," katanya pada Rapat Koordinasi Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah Melalui Dana IJD di Makassar.

Ia menjelaskan, rakor ini sekaligus menjadi sebuah langkah awal untuk menindaklanjuti upaya menghadirkan infrastruktur jalan yang merupakan pekerjaan dan tanggung jawab yang sangat besar.

Pj Gubernur mengatakan, hal ini secara simbolik penting dan menjadi rangkaian kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada kita, salah satunya IJD. "Jadi bagaimana kita bisa kawal pekerjaan seperti ini setelah adanya bantuan dari Presiden."

Untuk itu, Pj Gubernur Sulsel meminta semua pihak berkepentingan di daerah itu harus kompak dan solid sebagai satu kesatuan kerja dari provinsi sampai kabupaten dan kota.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Sulsel Asep Syarip Hidayat, menyampaikan, rakor ini merupakan amanah dari Inpres 03 Tahun 2023 tentang percepatan konektivitas jalan daerah. Pertama melakukan evaluasi IJD Tahun 2023.

Ia menekankan, perlunya keterlibatan dari dinas provinsi dan kabupaten untuk sama-sama memonitor kegiatan IJD sehingga peningkatan konektivitas daerah melalui target pemantapan jalan kabupaten dapat meningkat.

Rekomendasi