Pemprov Sulsel Raih Predikat Baik untuk IPS, Plh Diskominfo Sultan Rakib Semringah

| 02 Oct 2024 14:11
Pemprov Sulsel Raih Predikat Baik untuk IPS, Plh Diskominfo Sultan Rakib Semringah
Sultan Rakib. (FB Sultan)

ERA.id - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) meraih predikat baik terkait Indeks Pembangunan Statistik (IPS) dengan nilai 2,62, berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) Tahun 2024 dari Badan Pusat Statistik (BPS).

Plh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Sulsel, Sultan Rakib di Makassar, Rabu (2/10/024) menyatakan, tahun ini ada peningkatan yang signifikan, di mana capaian EPPS Sulsel tahun sebelumnya berada dalam indeks kategori kurang.

"Nilai kita sebelumnya dari EPSS tahun 2023 sebesar 1,7 itu masuk kategori kurang, jadi kondisi tahun 2024 kita naik 2,62, masuk kategori baik. Kita berhasil melewati kategori cukup dan naik menjadi baik," kata Sultan.

Ia menyampaikan banyak terima kasih atas capaian ini. Menurutnya, hasil ini tidak lepas dari kontribusi pihak dan para pihak yang terkait, khususnya Bidang Statistik Diskominfo SP Sulsel.

"Diskominfo menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak dan pemangku kepentingan yang telah ikut berkontribusi dalam proses evaluasi tingkat kematangan EPSS Provinsi Sulsel, ini dapat kita buktikan dengan nilai yang naik drastis dari kategori kurang menjadi kategori naik," ujarnya.

Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di Pemprov Sulsel, tentu ini tak lepas dari kerja teman-teman di bidang statistik,” kata Sultan.

Menurut dia, hasil ini tak lepas juga dari kepemimpinan Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh yang terus memberikan arahan Diskominfo untuk selalu memperbaiki pelayanan satu data.

"Ini juga tak lepas dari arahan dari Bapak Pj Gubernur Zudan yang mengingatkan Diskominfo untuk selalu memperbaiki satu data dalam proses pelayanan publik ke depan, baik pelayanan intra-pemerintah maupun pelayanan publik ekstra pemerintah," ujarnya.

Melihat predikat ini, untuk ke depannya, kata Sultan, akan terus memperbaiki portal pelayanan satu data milik Pemprov Sulsel, dan siap melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) yang tertuju pada penerapan sistem satu data berbasis geospasial kepada seluruh kabupaten/kota di Sulsel.

"Ke depannya portal satu data kita akan perbaiki sesuai arahan Pj Gubernur Zudan. Kita akan melaksanakan sistem satu data dengan berbasis geospasial," ujarnya.

Dalam waktu dekat, kata dia, pihaknya akan melaksanakan Bimtek terhadap seluruh kabupaten/kota di Sulsel agar mereka terkonsolidasi dengan baik, khususnya dalam proses penerapan satu data dengan menggunakan geospasial.

"Kita akan bekerja sama dan mendatangkan Badan Informasi Geospasial (BIG), yang insya Allah dilaksanakan Oktober ini," katanya.

Rekomendasi