Dishub Kota Bandung Uji Coba Bayar Pakai QRIS, Jukir dan Warga Bingung

| 10 Oct 2024 13:21
Dishub Kota Bandung Uji Coba Bayar Pakai QRIS, Jukir dan Warga Bingung
Pembayaran parkir menggunakan QRIS di Kota Bandung (Era.id/Reza Deny)

ERA.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung memberlakukan sistem pembayaran digital untuk membayar parkir menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Namun, sistem tersebut masih bersifat uji coba selama satu bulan ke depan. Selain itu, sistem pembayaran digital untuk membayar parkir baru diberlakukan di ruas Jalan Suniaraja, Banceuy, Pecinan, dan ABC, Kota Bandung.

Merespons kebijakan tersebut, salah satu jukir yang terhimpun dalam tahap uji pembayaran parkir menggunakan QRIS, Ucep menilai sistem pembayaran ini lebih efektif dibanding menggunakan uang tunai. Walaupun, ia belum begitu paham mengenai sistem pembayaran parkir secara digital.

"Lebih baik pakai ini, lebih efektif. Supaya mempermudah pembayaran. Belum tahu, mau diajarkan dulu," kata Ucep.

Berbeda dengan Ucep, salah satu jukir lainnya yang bernama Tawan Setiawan mengaku pembayaran parkir lebih baik menggunakan uang tunai. Sebab, pembayaran parkir dengan uang tunai lebih mudah.

"Lebih baik manual. Lebih mudah," kata Tawan.

Ditemui di lokasi yang sama, salah satu pengendara sepeda motor, Kamal mengungkapkan, pembayaran parkir menggunakan QRIS, malah membuat dirinya kesulitan. Walaupun, sistem itu masih tahap uji dalam waktu satu bulan ke depan.

"Malah jadi ribet sih. Soalnya belum biasa pakai QRIS," ujarnya.

Rekomendasi