Libur Natal Tahun baru di Masa Pandemi, Penumpang Bandara Adi Soemarmo Diprediksi Turun 66 Persen

| 18 Dec 2020 21:26
Libur Natal Tahun baru di Masa Pandemi, Penumpang Bandara Adi Soemarmo Diprediksi Turun 66 Persen
Suasana Bandara Internasional Adi Soemarmo pada Jumat (18/12). (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo memprediksi jumlah penumpang pada momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru) menurun drastis. Penurunan diprediksi hingga 66 persen dibandingkan tahun lalu.

Airport Operation, Service and Security Senior Manager Bandara Internasional Adi Soemarmo, Riyaman mengatakan jumlah penumpang di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo pada momen Nataru tahun lalu mencapai 96.476 penumpang. Namun momen Nataru saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19.

"Sehingga kami prediksi hanya sekitar 33 ribu penumpang saja yang menggunakan angkutan udara. Penurunannya bisa mencapai 66 persen," ucapnya Jumat (18/12/2020).

Meski penurunannya signifikan, tahun ini posko terpadu untuk angkutan Nataru tetap didirikan. Posko ini akan memantau kondisi sejak 18 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Untuk mengoptimalkan posko ini, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo melibatkan unsur dari TNI Angkatan Udara, AirNav Indonesia dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Sayangnya hingga hari pertama dibuka, tidak ada kenaikan jumlah penumpang di Bandara Internasional Adi Soemarmo. Saat inipun hanya ada satu maskapai yang mengajukan penambahan penerbangan.

"Hanya Air Asia dengan rute Solo-Denpasar yang mengajukan extra flight, lainnya belum," katanya.

Rekomendasi