Jiwanya Terganggu, Pria Ini Sabet Warga dan Polisi Pakai Parang

| 05 Feb 2021 10:31
Jiwanya Terganggu, Pria Ini Sabet Warga dan Polisi Pakai Parang
Seorang ODGJ terpaksa dilumpuhkan karena mengamuk serta melukai warga dan polisi

ERA.id - Seorang pria yang diduga merupakan orang dengan gangguan jiwa atau ODGJ di Desa Cempaka Mulia Barat Kecamatan Cempaga Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, mengamuk dan melukai seorang warga dan polisi.

"Ada seorang warga terluka, juga ada anggota polsek yang diserang dan mengalami luka di bagian tangannya," kata Kapolres Kotawaringin Timur AKBP Abdoel Harris Jakin melalui Kepala Satuan Reserse Kriminal AKP Zaldy Kurniawan di Sampit, Jumat (5/2/2021).

Peristiwa itu terjadi Kamis (4/2) sore. Belum diketahui kronologis kejadian karena polisi masih meminta keterangan sejumlah saksi terkait kejadian tersebut. Yang jelas, pria itu membawa parang dan pemicu kemarahannya hingga kini masih diselidiki.

Karena kemarahan pelaku, seorang warga menjadi korban karena disabet pelaku. Tidak sampai di situ, seorang polisi yang hendak mengamankan pelaku, juga kena sabetan parang di bagian tangan. Polisi pun terpaksa melumpuhkannya.

"Pelaku sudah menyerang polisi dan warga saat hendak diamankan sehingga penderita gangguan jiwa itu terpaksa dilumpuhkan menghindari ada korban lainnya," kata Zaldy.

Kedua korban dan pelaku dibawa ke puskesmas untuk menjalani penanganan medis. Bahkan warga yang menjadi korban bacokan ODGJ tersebut dirujuk ke RSUD dr Murjani Sampit untuk mendapatkan penanganan lebih intensif.

Kini penanganan pelaku akan dikoordinasikan dengan tim medis dan pihak lainnya karena mengingat pelaku diduga merupakan ODGJ. ODGJ harus ditangani dengan pendekatan yang benar agar mereka bisa ditangani dengan baik.

Rekomendasi