Burung Lovebird yang Dilepaskan Gubernur Jatim Ternyata Mahal, Segini Harganya

| 06 Feb 2021 11:19
Burung Lovebird yang Dilepaskan Gubernur Jatim Ternyata Mahal, Segini Harganya
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melepaskan burung lovebird dalam rangka meresmikan Rumah Sakit Lapangan Joglo Dungus, Madiun, Jawa Timur. (Facebook Khofifah Indar Parawansa)

ERA.id - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dihujat habis-habisan oleh pencinta hewan dan warganet usai melepaskan ratusan burung jenis lovebird di alam liar, tiga hari yang lalu. 

Sekadar diketahui, kegiatan pelepasan burung lovebird itu dalam rangka meresmikan Rumah Sakit Lapangan Joglo Dungus, Madiun, Jawa Timur, Rabu (3/2/2021). 

Bagaimana tidak heboh, banyak warganet yang menuding kalau Khofifah sekadar pencitraan tanpa tahu bagaimana seharusnya merawat burung lovebird yang notabene adalah burung impor, bukan khas Indonesia.

Sebenarnya berapa sih jenis lovebird yang kerapa ditemui di Indonesia? Kalau lovebird banyak dijadikan peliharaan, harganya di pasaran burung mencapai kisaran berapa?

1. Lovebird biola blue (Rp15-20 Juta)

Ini termasuk mahal sih. Bagi yang hobi memelihara burung, harganya masih masuk akal. Alasannya, lovebird biola blue memiliki warna bulu yang sangat cantik, yaitu putih, biru muda, biru tosca, dan hijau yang menjadi satu.

2. Lovebird halfsider (Rp5-15 Juta)

Lovebird halfsider ini yang kemungkinan dilepas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Di foto yang beredar, ada kemiripan yang identik. Burung ini memiliki banyak perpaduan warna di tubuhnya, seperti putih, hijau, biru, dan oranye kekuningan. Beda dari yang lain, jenis lovebird ini langka dan susah diternak, karena perawatannya perlu modal yang sangat banyak. Duh, ribet ya.

3. Lovebird batman (Rp900-1,3 Juta)

Ini masih terbilang normal harganya. Meski begitu, ternak lovebird yang satu ini juga sulit. Alasannya, ia tidak akan tercipta bila induknya tidak memiliki bulu berwarna hitam. Warna lovebird ini tergolong sebagai mutasi warna baru.

4. Lovebird violet (Rp400-800 Ribu)

Lovebird violet memiliki warna biru keunguan. Di ujung sayapnya ada warna hitam, perutnya berwarna putih, kepalanya dominan hitam, dan paruhnya berwarna putih pucat.

5. Lovebird kepala elang (Rp1,5-2 Juta)

Lovebird kepala elang merupakan hasil perkawinan dari lovebird violet yang mengalami mutasi warna putih di bagian kepalanya.

6. Lovebird albino (Rp500 Ribu-1 Juta)

Warna lovebird albino itu putih bersih. Ia terbagi dua, lovebird albino mata hitam dan lovebird albino mata merah. Harga lovebird albino mata hitam berkisar di Rp500-750 ribu. Sementara lovebird albino mata merah dibanderol dengan harga sekitar Rp500 ribu-1 juta.

7. Lovebird cobalt (Rp450-750 ribu)

Lovebird cobalt memiliki varian warna yang banyak. Ciri utama jenis lovebird cobalt ini hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru, kecuali bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu.

8. Lovebird lutino (Rp400-600 Ribu)

Lovebird Lutino memiliki warna cerah dan mencolok. Bagian kepala di burung ini dihiasi oleh bulu berwarna oranye kemerahan yang sangat cantik. Lehernya hingga keseluruhan badannya berwarna kuning terang dan memiliki sedikit sentuhan putih di bagian sayap.

Rekomendasi