Tanah Berlubang Keluarkan Hawa Panas Hebohkan Sulbar, Ternyata Ini Penyebabnya...

| 08 Feb 2021 15:15
Tanah Berlubang Keluarkan Hawa Panas Hebohkan Sulbar, Ternyata Ini Penyebabnya...
Lubang yang mengeluarkan hawa panas di Mamuju

ERA.id - Kejadian aneh terjadi di Jalan Gatot Subroto, Lingkungan Sibuang 1, Kelurahan Simboro, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Di sana, ada sebuah lubang sedalam 30 sentimeter yang mengeluarkan asap panas.

Peristiwa ini sontak membuat panik bahkan menggegerkan warga sekitar lokasi kejadian. Lubang berasap dan bersuhu panas itu pertama kali diunggah oleh pemilik akun Facebook Nhita Itha disertai foto dan caption (keterangan) yang menggambarkan situasi lubang tersebut usai digali oleh salah seorang warga.

"Sejak gempa SDH begini, awalx mengeluarkan hawa panas terus saking penasaranx di gali tanah yg panas itu, terus digali knp ada asap yg keluar yg bisa jelaskn knp bsa begtu," tulisnya dalam akun pribadinya, Minggu (7/2/2021). Usai dicek kembali, akun Nitha Itha sudah tidak ditemukan.

Menanggapi itu, Lurah Simboro Muh Ilham mengaku jika kejadian ini ditemukan pertama kali oleh warga yang merasa heran karena hawa panas keluar dari dalam lubang tersebut.

Itulah yang akhirnya membuat gempar. "Awalnya warga merasakan hawa panas di permukaan tanah, karena penasaran, dia menggali kurang lebih 30 senti dalamnya. Di situlah muncul asap yang membuat warga Mamuju geger akan adanya asap tersebut," ungkap Ilham, Senin (8/2/2021).

Setelah mengetahui kejadian ini, Muh Ilham didampingi pihak Bhabinkamtibmas mengkroscek ke lokasi tersebut. Seteleh dikroscek lebih teliti, ternyata penyebab lubang itu mengeluarkan asap dan hawa panas lantaran instalasi kabel milik PT.PLN Persero rusak akibat dampak gempa bumi.

"Ada kesalahan instalasi sambungan listrik," tutupnya.

Berdasarkan kabar terakhir dari peristiwa ini, pihak PLN Mamuju, Sulawesi Barat beserta pihak terkait sudah memperbaiki instalasi kabel listrik itu guna menghindari jatuhnya korban dari lubang yang berasap tersebut.

Rekomendasi