Beberapa Fungsi Sunroof Mobil yang Berguna untuk Anda, Simak Penjelasannya

| 26 Dec 2022 19:01
Beberapa Fungsi Sunroof Mobil yang Berguna untuk Anda, Simak Penjelasannya
Ilustrasi fungsi sunroof mobil (foto: @subaru)

ERA.id - Pada umumnya, mobil yang memiliki jendela di bagian atas atau yang biasa disebut dengan Sunroof dianggap sebagai mobil yang memiliki prestige karena dianggap sebagai mobil mewah. Tidak dipungkiri, mobil dengan fasilitas demikian memang memiliki harga yang jauh lebih tinggi daripada mobil tanpa sunroof. Sebab, harga satu set sunroof memang cukup mahal.

Jika Anda hendak memasang sunroof pada atap mobil Anda, setidaknya Anda harus mengeluarkan uang paling sedikit 10 juta rupiah dengan tipe standar, tidak heran jika harga mobil yang memiliki sunroof harganya menjadi lebih mahal.

Ilustrasi sunroof mobil (Foto: Pixabay)

Selain terlihat keren dan juga dapat digunakan untuk melihat-lihat pemandangan di luar mobil, ternyata ada lima fungsi sunroof mobil yang bisa Anda peroleh, simak penjelasannya di bawah ini:

Mengeluarkan gas-gas beracun dari dalam mobil

Membuka Sunroof pada pagi hari memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan, yaitu untuk membuang gas-gas beracun dari dalam mobil.

Mobil yang didiamkan selama semalaman tentunya berpotensi mengumpulkan gas-gas beracun di dalam mobil dan berpotensi membuat udara mobil tidak sehat bagi Anda. Dengan membuka sunroof setiap pagi, Anda akan membuang gas-gas beracun ini dari dalam mobil, lakukanlah hal ini dengan rutin ketika Anda memanaskan mobil.

Membuang hawa panas dari dalam mobil

Jika Anda terpaksa memarkir mobil di luar ruangan dengan kondisi panas yang cukup terik, maka Anda juga akan merasakan hawa yang sangat menyengat. Dengan membuka Sunroof, tentunya hal ini akan mempercepat hawa panas keluar dari mobil sehingga Anda bisa berkendara dengan lebih cepat. Hal ini juga merupakan salah satu fungsi sunroof mobil yang paling penting.

Bermanfaat di saat macet

Mungkin Anda sering mendengar berita kematian saat seseorang berdiam diri pada kondisi mobil yang berhenti dalam waktu lama. Pada saat macet, sebenarnya juga merupakan kondisi yang berbahaya sebab gas-gas beracun akan berkumpul dan otomatis dihirup oleh Anda. Dengan fasilitas sunroof, gas-gas tersebut akan keluar dengan otomatis sehingga yang Anda hirup adalah udara segar, tetapi jika tidak ada sunroof, jendela pun juga bisa Anda jadikan pilihan untuk mengeluarkan gas-gas berbahaya.

Mengurangi suara bising saat melaju cepat

Bagi para pengguna mobil, kita sering terganggu dengan suara bising yang dihasilkan dari suara Angin saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Hal ini dapat dikurangi dengan cara membuka Sunroof. Selain itu, Anda juga mendapatkan manfaat lainnya, yaitu menghirup udara segar dari luar, sekaligus menghemat penggunaan AC.

Nah, demikianlah fungsi sunroof mobil selain untuk style. Bagi Anda yang ingin mempunyai mobil berfasilitas sunroof dengan harga yang terjangkau, mungkin Anda bisa mencari mobil bekas atau second yang dilengkapi fasilitas sunroof, agar dapat menekan budget Anda dalam membeli mobil. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : mobil kesehatan
Rekomendasi