Jurus Gibran Percepat Vaksinasi di Solo

Tim Editor

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tinjau vaksinasi lansia di RSUD Bung Karno, Solo, Senin (1/3). (Dokumentasi Pemkot Solo)

ERA.id - Vaksinasi untuk lansia di kota Solo dimulai hari ini, Senin (1/3/2021). Program ini ditargetkan selesai pada bulan Mei mendatang, namun semua menyesuaikan ketersediaan vaksin di kota Solo.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih, Senin (1/3). Ia mengatakan vaksinasi untuk lansia dibagi beberapa tahap. Pembagian ini disesuaikan dengan ketersediaan jumlah vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang masih kurang.

"Tahap pertama ini kita sudah ada 6.826 orang," katanya saat ditemui usai meninjau vaksinasi di RSUD Bung Karno, Senin (1/3/2021).

Untuk vaksinasi lansia, semua akan dilakukan di rumah sakit. Pasalnya lansia membutuhkan penanganan khusus.

"Biasanya lansia ada penyakit bawaan atau kondisi kesehatannya tidak stabil. Makanya tidak mungkin kalau divaksin di Puskesmas," katanya.

Rencananya vaksinasi lansia tahap pertama dilakukan dalam satu pekan. Ada 19 rumah sakit di kota Solo. Sehingga diperkirakan dalam satu hari tiap rumah sakit bisa memvaksin sebanyak 1.200 lansia.

Sementara itu di Kota Solo jumlah populasi lansia mencapai 74 ribu. DKK menargetkan, sebanyak 60 ribu lansia yang divaksin.

"Kami targetkan bisa selesai dalam 2,5 bulan. Jadi pertengahan bulan Mei bisa selesai," katanya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan program vaksinasi berjalan dengan menyesuaikan ketersediaan jumlah vaksin. Terkait fasilitasi vaksinasi, Pemkot Solo telah menyiapkan seluruhnya.

"Kami berharap vaksinnya ready semua. Sebab di Solo semua sudah siap semua," katanya.

 

Tag: gibran rakabuming raka vaksinasi gibran wali kota solo wali kota solo

Bagikan: