Wali Kota Solo Gibran Ungkap Sosok Habib Panutannya yang Kini Tiada: Selalu Ingatkan Tahajud

| 12 Mar 2021 20:50
Wali Kota Solo Gibran Ungkap Sosok Habib Panutannya yang Kini Tiada: Selalu Ingatkan Tahajud
Wali Kota Solo Gibran dan Habib Hasan. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku kehilangan sosok guru di kehidupannya yakni Habib Hasan Mulachela yang meninggal dunia pada hari ini, Jumat (12/3/2021).

Politikus senior DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu meninggal di Jakarta pada Jumat pagi. Jenazahnya langsung dibawa ke rumah duka di Solo dan akan langsung dimakamkan di Bekonang, Sukoharjo.

"Semoga keluarga yang ditinggal mendapat kekuatan dan Habib Hasan mendapat tempat terbaik. Semoga khusnul khotimah," kata Gibran dalam pesan singkat yang diterima ERA.id, Jumat (12/3/2021). 

Gibran bercerita tentang sosok Habib Hasan yang selalu aktif mendukungnya saat Pilkada Solo. Ia mengatakan bahwa semasa kampanye Habib Hasan Mulachela selalu mengingatkannya untuk salat tahajud.

"Seorang guru, hampir tiap hari kalau jam tahajud WA saya. Mengingatkan tahajud pas jaman-jaman kampanye dulu. Dari mendaftar sampai kampanye mendampingi terus," kenang Gibran.

Politikus senior ini juga dikenal sebagai orang yang dermawan. Sahabat Habib Hasan, M Sahil Alhasni mengatakan kawannya ini selalu meperjuangkan masyarakat kecil. Termasuk mengawal kebijakan Pemkot Solo saat itu yang memindahkan pasar Notoharjo.

"Banyak kebijakan pemerintah yang dikawal beliau. Salah satunya pemindahan Pasar Notoharjo saat Pak Jokowi masih jadi wali kota," katanya saat dihubungi, Jumat (12/2/2021).

Hingga tutup usia, Hasan Mulachela masih aktif sebagai politikus PPP. Saat ini dia menjabat sebagai salah satu Ketua Bidang di DPP PPP. Ia juga pernah menjadi anggota DPRD selama dua periode, yakni sebelum 1999 dan 1999-2004.

Rekomendasi