Soroti Pelanggaran Prokes di Solo, Gibran Ancam Gelar Swab Dadakan

| 31 May 2021 17:29
Soroti Pelanggaran Prokes di Solo, Gibran Ancam Gelar Swab Dadakan
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menilai saat ini banyak terjadi pelanggaran protokol kesehatan di Kota Solo. Untuk itu dirinya berencana melakukan swab acak pada warga untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 di kota Solo.

Hal ini disampaikan Gibran usai rapat koordinasi penanganan COVID-19 di kota Solo, Senin (31/5/2021). Gibran mengatakan saat ini mulai banyak terjadi pelanggaran protokol kesehatan oleh masyarakat.

”Misalnya di Alun-alun (kidul), banyak yang buka masker, banyak juga yang bawa anak kecil,” katanya.

Untuk itu ia menginstruksikan adanya penguatan penertiban protokol kesehatan oleh Satgas COVID-19. Rencananya untuk lokasi-lokasi yang terjadi banyak pelanggaran protokol kesehatan, akan dilakukan swab secara acak oleh Pemkot Solo.

”Misalnya yang tidak pakai masker,” katanya.

Sementara itu Kepala Satpol PP Kota Solo Arif Darmawan membenarkan semakin banyak masyarakat yang abai karena tidak taat pada prokes. Untuk itu pihaknya tengah melakukan evaluasi pada beberapa tempat.

”Di Alkid juga. Makanya kami akan tingkatkan patrol wilayah, kami akan tempatkan Linmas disana,” katanya.

Terkait wacana untuk menggelar swab secara acak, Pemkot Solo telah melakukannya beberapa waktu lalu. Namun kemudian ada kebijakan pelonggaran untuk peningkatan sektor ekonomi, swab acak dihentikan sementara. Rencananya kegiatan ini akan dimulai kembali dalam beberapa waktu ke depan.

”Akan dilakukan lagi dengan pengawasan lebih ketat,” ucapnya.

Rekomendasi