Instruksi Jokowi, Polisi Tangkap Ribuan Preman dan Pungli

Tim Editor

Razia Preman (Muchlis Ariandi/era.id)

ERA.id - Sejalan dengan instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Polri bersama seluruh jajarannya terus berupaya memberantas aksi premanisme dan pungutan liar (pungli) di seluruh titik rawan di Indonesia.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan menyebut sejauh ini terdapat 8.000 lebih pelaku premanisme dan pungli yang berhasil diringkus.

"Dari 34 Polda terus melakukan tindakan dan operasi mengenai aksi premanisme dan pungli, totalnya untuk premanisme ada 4.107 dan untuk pungli ada 4.110 orang," ungkap Ramadhan kepada wartawan, Kamis (17/6/2021).


Lebih lanjut, Ramadhan menyebut sebanyak 382 pelaku premanisme masuk ke dalam proses penyidikan. Sementara sisanya menjalani pembinaan bersama dengan anggota kepolisian.

"Sedangkan untuk pungli ada 214 yang dilanjutkan prosesnya ke tingkat penyidikan dan sisanya dibina," ucapnya.

Ramadhan mengatakan, terdapat beberapa daerah yang menjadi fokus utama operasi premanisme dan pungli lantaran memiliki jumlah pelaku terbanyak. Salah satu daerah yang disebut yakni DKI Jakarta.

"Kalau didata, ini ada beberapa daerah yakni Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Masih berputar di pulau Jawa," tukasnya.



Tag: preman razia preman

Bagikan: