Usai Dinikahi Pria Lombok, Bule Ini Stres Ditanya "Kapan Hamil?"

| 07 Jul 2021 15:57
Usai Dinikahi Pria Lombok, Bule Ini Stres Ditanya
Melissa dan Indra Sasak (Instagram/@indrasasak)

ERA.id - Anehnya budaya kita, bikin seorang perempuan bule asal Prancis sampai stress. Bagaimana tidak, ia kerap diteror dengan pertanyan "kapan hamil?".

Padahal intinya, kehamilan itu sebuah keberuntungan. Lebih dari itu, kehamilan adalah hasil kesepakatan dari pasangan yang telah menjalani pernikahan.

Omong-omong, pertanyaan itu terjadi kepada Melissa, istri Indra, yang pernikahannya sempat menyita perhatian di media sosial beberapa waktu lalu.

Pasangan yang berdomisili di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini, memang masih aktif membagikan cerita kehidupan mereka lewat kanal YouTube Indra Sasak.

Pada 29 Juni 2021 silam, mereka berkisah menghadapi kesulitan di awal pernikahan. Apa itu? Ya, Melissa stres karena sering ditanya kapan hamil.

Padahal menurutnya tidak masalah jika pasangan suami-istri tidak langsung dikaruniai momongan.

"Banyak orang tanya, 'Sudah hamil? Sudah hamil? Sudah hamil?' dan saya stres. Itu seperti, kalau tidak ada anak satu tahun atau dua tahun, oh mungkin orang (berpikir) dia tidak bisa hamil," kata Melissa dilansir dari kanal YouTube Indra Sasak.

"Saya pikir lebih baik menunda (momongan) sebentar, (lalu) travel, pergi ke restoran, jalan-jalan, atau membuat proyek. Saling mengerti, cuma tinggal bersama suami dan istri. Saya kira kadang-kadang terlalu cepat buat langsung punya anak," lanjutnya.

Meski begitu, Melissa tahu diri. Masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan cara pandangnya. Ia pun berusaha tak menunda niatan untuk punya anak sesegera mungkin.

Selanjutnya, ia pun membahas permasalahan semasa hamil. Melissa mengaku enggan memasak, masuk kamar mandi, hingga mencium suami. Untungnya, Indra tahu diri, jika pekerjaan domestik bisa juga menjadi pekerjaannya. 

Melissa pun berujar, kalau beberapa pria Indonesia yang dikenalnya, masih enggan membantu melakukan pekerjaan rumah saat istri hamil.

"Kita (istri) punya bayi di perut, bayi itu berkembang dan kadang suami nggak sadar bagaimana sulitnya dan bagaimana kita butuh bantuan. Kita butuh bantuan untuk bersih-bersih, cuci baju, dan masak," tutur Melissa.

"Saya rasa, kadang-kadang pria Indonesia punya ego besar untuk ini karena budaya mereka nggak bisa cuci pakaian, bersih-bersih rumah, atau masak. Tapi tolong suami Indonesia atau suami bule, tolong istri yang sedang hamil," pungkasnya.

Rekomendasi