Aksi Bobby Pecat Anak Dubes yang Jadi Camat: Penilaian Kerja Tak Lihat Siapa Orangtuanya

| 08 Jul 2021 07:30
Aksi Bobby Pecat Anak Dubes yang Jadi Camat: Penilaian Kerja Tak Lihat Siapa Orangtuanya
Wali Kota Medan Bobby Nasution saat meninjau proses pembayaran pajak di UPT BPPRD Medan Selayang (Muchlis Ariandi/era.id)

ERA.id - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan tidak takut mengevaluasi bahkan memecat anak buahnya yang tidak becus bekerja, termasuk dalam hal mencopot Camat Medan Maimun Muhammad Yasir Rizka. Yasir merupakan anak Duta Besar (Dubes).

Bobby mengatakan saat ini camat Medan Maimun yang dicopot dari jabatan masih menjalani pemeriksaan di Inspektorat. Hingga saat ini hasil pemeriksaan terhadap Muhammad Yasir Rizka belum diterima Bobby.

"Statusnya sekarang masih kita berhentikan sementara, belum ada perubahan status. Saya sudah tanya ke Inspektorat katanya belum ada hasil. Selama belum ada hasil berarti statusnya masih sama (Dicopot)," kata Bobby Nasution ditemui di Balai Kota Medan, Rabu (7/7/2021).

Bobby mengatakan, penghentian sementara untuk kebutuhan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan di Inspektorat Kota Medan.

"Seperti yang saya sampaikan kemarin memang kebutuhannya untuk pemeriksaan di Inspektorat," ujarnya.

Terkait dengan status Muhammad Yasir Rizka, camat yang dicopot Bobby itu adalah anak dari Duta Besar (Dubes) RI untuk Maroko, Hasrul Azwar. Bobby menanggapi dengan santai dengan mengatakan bahwa ada indikator kinerja yang berlaku. Terkait indikator kinerja itu, Bobby mengatakan tidak ada syarat yang mengecualikan anak pejabat atau bukan.

"Kita kerja ini kan ada landasan, ada patokannya, ada indikator kinerjanya. Saya rasa ya penilaian kerja itu nggak masuk ya siapa orangtuanya, siapa keluarganya, jadi yang kita lihat hanya landasan kerja, profesional," ungkapnya.

Dia mengatakan apa yang dilakukan saat ini untuk kebaikan bersama, tidak hanya bagi Pemkot Medan tapi untuk seluruh masyarakat. Disinggung apakah benar anak buahnya itu diperiksa terkait pungutan liar (Pungli), Bobby masih enggan membeberkan dengan alasan ditakutkan akan menjadi asumsi. Dia mengatakan masih harus menunggu hasil pemeriksaan dari Inspektorat.

"Nah ini lah yang saya masih tunggu dari Inspektorat, nanti kalau kita bilang begitu nanti katanya asumsi. Kalau hasil sudah keluar nanti bisa kita informasikan," ujarnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Wali Kota Medan Bobby Nasution membenarkan mencopot Muhammad Yasir Rizka dari kursi camat Medan Maimun.

"Sebentar saja dicopotnya, karena ada kebutuhan dari Inspektorat," kata Bobby Nasution di Balai Kota Medan, Senin (5/7/2021) sore.

Camat yang dicopot oleh Wali Kota Bobby itu diketahui merupakan anak dari politikus senior Partai Persatuan Pembanguan (PPP) Hasrul Azwar. Saat ini Hasrul menjabat sebagai Duta Besar (Dubes) untuk Maroko, yang dilantik Presiden Joko Widodo pada 2019 lalu. Sebelum menjabat sebagai Dubes Maroko, Hasrul Azwar merupakan Anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Sumatera Utara.

Rekomendasi