Aksi Bobby Nasution Sulap Hotel Bintang Empat Jadi Tempat Isolasi Mandiri di Medan

| 14 Jul 2021 22:57
Aksi Bobby Nasution Sulap Hotel Bintang Empat Jadi Tempat Isolasi Mandiri di Medan
Hotel Soechi Internasional Medan yang disulap Wali Kota Bobby Nasution sebagai tempat isolasi (Muchlis Ariandi/era.id)

ERA.id - Pemko Medan akan menjadikan hotel bintang empat Hotel Soechi Internasional di Jalan Cirebon Kota Medan sebagai tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 yang mengalami gejala ringan.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Medan Bobby Nasution usai menggelar rapat koordinasi dengan Forkopimda di Medan, Rabu (14/7/2021). Dia mengatakan telah meninjau hotel yang menjadi aset Pemerintah Kota Medan itu.

"Kami sudah menetapkan Hotel Soechi sebagai tempat treatment kita," kata Bobby Nasution.

Menurut Bobby dengan fasilitas yang ada di hotel tersebut diharapkan masyarakat akan mau menjalani isolasi mandiri.

Hotel berbintang empat itu nantinya akan menjadi tempat isolasi mandiri bagi masyarakat yang rumahnya tidak memenuhi syarat sebagai tempat isolasi mandiri.

"Tadi sudah saya cek ke sana, dan dengan fasilitas yang ada, ini menjadi cara kita mengajak masyarakat agar mau menjalani isolasi," ungkapnya.

Lanjut Kata Bobby, warga yang akan di isolasi di tempat itu hanya warga dengan gejala ringan. Sedangkan yang bergejala berat tetap harus di rawat di rumah sakit.

Hasil pemantauannya di lokasi bahwa fasilitas di yang ada di hotel dengan kapasitas 400 kamar itu mumpuni dijadikan tempat isolasi. Fasilitas itu nanti akan digunakan secara cuma-cuma alias gratis oleh warga selama menjalani isolasi mandiri.

"Di sana fasilitas lengkap, karena hotel bintang 4. Namun belum bisa kita jadikan sebagai tempat isolasi berat karena fasilitas tidak mendukung. Ini karena terkendala tempat tidur, serta liftnya tidak bisa digunakan untuk mengangkut alat medis yang digunakan untuk pasien gejala sedang dan berat," kata suami Kahiyang Ayu itu.

Dia mengatakan sejauh ini fasilitas untuk melakukan isolasi mandiri di Kota Medan masih tinggi. Selain positifity rate dan bed occupancy rate (Bor), juga masih tersedianya fasilitas umum.

"Karena selama ini masyarakat kita sulit menjalankan isolasi mandiri, karena seperti yang kita tahu masyarakat kita ini dalam satu rumah ada yang lebih dari satu kepala keluarga, sehingga tidak memungkinkan dijadikan tempat isolasi," pungkasnya.

Rekomendasi