Nyam, Warga Hongkong Bakal Melahap 11 Ton Ikan Segar dari Sulsel

| 30 Oct 2021 15:00
Nyam, Warga Hongkong Bakal Melahap 11 Ton Ikan Segar dari Sulsel
Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman secara simbolis melepas langsung ekspor produk perikanan perdana ke Hongkong, Cina.

ERA.id - Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman secara simbolis melepas langsung ekspor produk perikanan perdana ke Hongkong, Cina melalui via udara di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Sabtu (29/10/2021)

Ceritanya, Andi Sudirman Sulaiman mengirim berupa ikan segar dan ikan hidup secara ekspor dengan volume 11 ton menggunakan pesawat khusus. Pengiriman ini juga sudah dilakukan sejak 16 dan 23 Oktober lalu masing-masing 7,91 ton dan 7 ton.

"Semakin meningkat ekspor dari waktu ke waktu menjadi harapan bersama sebagai langkah pemulihan ekonomi," katanya di lokasi acara.

Ia mengatakan bersyukur Provinsi Sulsel bisa berkontribusi dalam bidang peternakan serta perikanan keluar negeri.

Andi juga berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang mendukung program yang diinisiasi oleh Pemprov Sulsel tersebut.

"Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah merespon cepat permintaan kita dari Provinsi atas surat permohonan yang dikirimkan beberapa bulan lalu. Apresiasi juga kepada Garuda, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Angkasa Pura serta stakeholder pendukung ekspor, termasuk pelaku eskpor." ucap adik Amran Sulaiman ini.

Ekspor kali ini dilakukan dengan penerbangan ke Hongkong dengan jadwal 1 pekan setiap kali setiap hari Sabtu. Menggunakan Air Bus 330 Seri 300 melakukan pengangkutan 30-40 ton. Data ekspor komoditi perikanan Sulsel 2021 hingga September 2021.

"Alhamdulillah ini menggeliatkan ekspor, dengan adanya peningkatan ekspor, pastinya juga akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian lebih cepat." tegasnya.

Diketahui, Provinsi Sulsel telah mengekspor sejumlah komoditi unggul untuk tujuan Hongkong hingga saat ini total sebesar 529 Ton dengan nilai Rp.20,3 Miliar.

Berbagai komiditi perikanan seperti ikan kerapu, udang mantis, kepiting bakau, tenggiri dan perut ikan. "Kita berharap produk unggulan lainnya di Sulsel seperti pertanian juga ekspornya semakin ditingkatkan," tandasnya.

Rekomendasi