Fasilitas Lapangan Merdeka Medan Rusak Viral di TikTok, Bobby Nasution: Pembangunan Sudah Masuk Tahap Perencanaan

| 10 Nov 2021 18:05
Fasilitas Lapangan Merdeka Medan Rusak Viral di TikTok, Bobby Nasution: Pembangunan Sudah Masuk Tahap Perencanaan
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Dok. Pemko Medan)

ERA.id - Sejumlah fasilitas di Lapangan Merdeka Medan rusak dan tak terurus. Penampakan fasilitas dan arena bermain yang rusak itu viral di akun media sosial TikTok.

Menyikapi kondisi tersebut, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution angkat bicara. Ia mengatakan pembangunan di kawasan yang masuk cagar budaya tersebut saat ini sudah dalam perencanaan, meski belum tahap pengerjaan.

"Rencana besarnya kan sudah terlihat. Jangan lah rencana besarnya sudah kita perlihatkan, tapi memang belum dilakukan pengerjaan secara fisik, yang ditanya hal-hal kecilnya," kata Bobby Nasution, Rabu (10/11/2021).

Menurutnya, pembangunan Lapangan Merdeka yang telah ditetapkan sebagai cagar budaya itu harus melalui perencanaan yang matang dan tidak bisa asal.

Perencanaan itu kata dia, secara gambaran telah disampaikan. Terkini ia telah mengeluarkan surat keputusan (SK) terkait status Lapangan Merdeka itu.

"Perencanaan kan sudah dilihat, gak mungkin kan kita gak punya perencanaan, main bangun-bangun saja. Rencana besarnya kan sudah terlihat. Ngapain lagi, kalau kursinya sekarang diganti tahun depan diganti lagi. Nanti kami yang kena lagi," ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Bobby, untuk saat ini Pemkot Medan sudah melakukan pembicaraan kepada pemilik usaha yang ada di areal Lapangan Merdeka. Dari hasil pembicaraan, para pelaku usaha sepakat untuk dipindahkan.

Kendati demikian, lokasi pemindahan tempat usaha yang telah direncanakan di Gedung Warenheuis harus disiapkan secara matang.

"Sudah kita keluarkan (SK) dan beberapa lokasi masuk sebagai cagar budaya, termasuk lapangan merdeka. Namun ada beberapa lokasi yang masih difungsikan, dan kita tetap taat aturan hukum, kita tetap komunikasikan untuk kedepannya untuk bisa bahwa cagar budaya harus dikembalikan sebagaimana fungsi semestinya," ungkapnya.

Sebelumnya, Video yang memperlihatkan sejumlah fasilitas olahraga di Lapangan Merdeka Medan rusak. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok Grandy November.

Dalam video yang di upload di akun pribadinya, Grandy menaiki salah satu fasilitas olahraga yang ada. Namun fasilitas olahraga itu tampak sudah rusak.

Dia kemudian kembali mencoba fasilitas olahraga lainnya yang bagian-bagiannya juga telah hilang. Ia lalu menyampaikan kritikannya.

"Nah kek ginilah Medan," katanya.

Dalam video lainnya, pria itu juga merekam dan mengomentari fasilitas umum yang rusak di sana. Ia tampak mencoba duduk di kursi yang besinya telah hilang.

"Kek mana cara duduknya ini," katanya.

Sontak video tersebut dibanjiri warganet di kolom komentar.

"Fasilitas gym gratis malah dirusak," tulis warganet.

Rekomendasi