Kota Solo Jadi Percontohan Wellness Tourism, Gibran Jagokan Minuman Herbal dan Spa

Tim Editor

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Kota Solo ditunjuk menjadi salah satu percontohan untuk penerapan Wellness Tourism dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Terkait hal ini Wali Kota Solo Gibran Rakabuming akan menonjolkan beberapa hal dari kota Solo yang bisa diangkat untuk mendukung wellness tourism.

”Minuman herbal, spa dan lainnya akan ditonjolkan dalam wisata di kota Solo, sehingga hal ini sejalan dengan sport dan wellness tourism,” kata Gibran pada Jumat (19/11/2021).

Dia menilai, pasca pandemi Covid-19 ini masyarakat lebih memperhatikan masalah kesehatan. Sehingga saat mereka pergi ke luar kota, ada beberapa hal yang akan diperhatikan.


”Misalnya tempatnya sehat atau enggak, ada peduli lindungi atau enggak, stafnya sudah divaksin atau belum,” urainya.

Gibran menambahkan, kedepannya pariwisata tidak bisa lepas dari kesehatan dan kebugaran. Pemerintah Kota Solo saat ini melakukan pendampingan pada pelaku UMKM, khususnya dalam wellness tourism untuk beberapa hal, seperti halnya tata cara pembuatan jamu yang sesuai dengan standar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), termasuk untuk pengemasannya.

”Bahkan di RSUD Bung Karno juga menyediakan dan menggunakan obat-obat herbal untuk penyembuhan pasien. ini sebagai dukungan kami terhadap wellness tourism. Kami juga sudah bekerjasama dengan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional,” katanya.

Tag: gibran rakabuming raka wali kota solo

Bagikan: