Aksi Ganjar Motoran ke Karanganyar, Kunjungi Desa Wisata Kemuning

| 30 Jan 2022 21:13
Aksi Ganjar Motoran ke Karanganyar, Kunjungi Desa Wisata Kemuning
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar Minggu (30/1/2022). Pada kunjungannya kali ini Ganjar berkendara menggunakan sepeda motor bersama grup motornya, Bandiyem Group Motoran.

Ia berkunjung ke Desa Kemuning, Ngargoyoso, Karanganyar. Ia mengapresiasi desa wisata ini karena perkembangannya yang pesat dan banyak dikunjungi wisatawan.

”Saya dengar di desa in tidak seorangpun pengangguran. Mereka semua bekerja dan mendapatkan hasil dari pariwisata,” kata Ganjar.

Ganjar juga mengapresiasi pengembangan pariwisatta di desa ini. Pasalnya Desa Kemuning berkolaborasi dengan anak mudanya untuk memajukan desa. Ia bahkan mengajak desa-desa lainnya di Jawa Tengah untuk mengembangkan potensi di desanya.

Termasuk melakukan kolaborasi dengan desa tetangga untuk kemajuan bersama dan tidak hanya secara parsial.

”Kalau mau desanya berkembang, kita harus belajar mengelola desa seperti di Kemuning, tidak hanya membuat desa yang cantik, namun mengedepankan kolaborasi bersama untuk memakmurkan masyarakat,” katanya.

Sementara Kepala Desa Kemuning, Widyoko mengatakan bahwa pemetaan potensi daerah sudah dilakukan sejak tahun 2014 lalu. Salah satu ide yang dikembangkan yakni dalam bidang pariwisata.

”Lalu kami bersama anak-anak muda mulai memetakkan potensi daerah ini. Pariwisata adalah ide yang akhirnya kami kembangkan,” katanya.

Salah satu potensi wisata yang dikembangkan yakni mulai dengan susur sungai dengan memanfaatkan ban bekas. Salah satu tujuannya agar memaksa masyarakat ikut merawat sungai dan tidak membuang sampah dan limbah ke sungai.

Dari sini kemudian wisata tersebut berjalan dan diminati masyarakat.  Kemudian pemerintah desa mengembangkan wisata Jeep adventure, pasar tradisional, Taman Bintang, Bukit Teletubies hingga wisata adrenalin dengan paralayang.

”Penghasilannya lumayan besar, dari empat bulan saja untuk Jeep adventure, kami dapat Rp 1,4 miliar,” katanya.

Kami juga pernah menulis soal Gelar Tahlilan Maura Magnalia, Nurul Arifin Berusaha Tegar: Doa Dilakukan Secara Muslim, Ditemukan Surganya Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi