Momen Ganjar Cek Persiapan Imlek di Tien Kok Sie, Kelenteng Tertua di Indonesia

| 31 Jan 2022 10:41
Momen Ganjar Cek Persiapan Imlek di Tien Kok Sie, Kelenteng Tertua di Indonesia
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Dok. Pemprov Jateng)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung ke Klenteng Tien Kok Sie, Klenteng tertua di Solo yang berada di kawasan Pasar Gede Harjonagoro, Solo, Minggu (30/1).

Dalam kunjungannya ini Ganjar memastikan persiapan pelaksanaan Imlek berjalan dengan baik dan sesuai dengan protokol kesehatan.

Ganjar datang dan ditemui oleh para pengurus Kelenteng. Ia melihat persiapan perayaan Imlek di Kelenteng. Dari keterangan yang didapatnya, Klentteng ini diperkirakan yang tertua di Indonesia.

”Katanya dibangun tahun 1745-1748. Sejarahnya dulu tanahnya keraton dan dibangun bersama dengan Keraton Kasunanan. Klenteng ini cukup tua,” katanya, Minggu (30/1).

Sehingga Klenteng ini menjadi jujugan bagi warga yang ingin beribadah. Dari pantauan yang dilakukannya, protokol kesehatan (prokes) dijalankan dengan baik. Jumlah jamaah pun dibatasi dan diatur dengan ketat.

”Tahun lalu tidak ada perayaan, tapi tahun ini diperbolehkan dengan pembatasan jumlah jamaah. Mudah-mudahan pelaksanaan Imlek besok berjalan dengan lancar,” katanya.

SementaraKetua Yayasan Kelenteng Tien Kok Sie, Sumantri Dana Waluya mengatakan persiapan pelaksanaan Imlek besok tidak ada yang spesial. Semua sama dengan persiapan Imlek tahun-tahun sebelumnya.

”Hanya memang besok prokesnya lebih ketat untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Sehingga jumlah pengunjung klenteng hanya dibatasi 10-15 persen dari kuota. ”Kami menyiapkan petugas di depan supaya pengunjung tidak masuk kalau di dalam sudah penuh,” katanya.

Kami juga pernah menulis soal Bangun Kantor di Ibu Kota Negara, Ketum PBNU Gus Yahya: Nusantara Itu Singkatan NU, Santri, Pemerintah, dan Rakyat Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi