Angka Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkot Solo Gunakan Ndalem Priyosuhartan untuk Isolasi Terpusat

| 10 Feb 2022 22:16
Angka Kasus Covid-19 Melonjak, Pemkot Solo Gunakan Ndalem Priyosuhartan untuk Isolasi Terpusat
Ndalem Priyosuhartan (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Pemerintah Kota Solo menggunakan Ndalem Priyosuhartan untuk tempat isolasi terpusat bagi pasien Covid-19 yang berstatus tanpa gejala. Saat ini sudah ada 11 pasien yang diisolasi di lokasi ini karena berstatus pasien Covid-19.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nico Agus Putranto mengatakan lokasi isoter sudah disiapkan di Ndalem Priyosuhartan. Sejauh ini baru satu lokasi yang disiapkan oleh pemerintah daerah.

”Sudah kami siapkan, di Ndalem Priyosuhartan,” katanya saat ditemui Kamis (10/2/2022).

Saat ini sarana dan prasarana yang disiapkan untuk mendukung tempat isolasi terpusat ini yakni tempat tidur, toilet, wifi dan televisi. Tercatat sudah ada sebelas pasien Covid-19 yang dirawat di sini. ”Ada yang orang dewasa dan ada anak-anak,” katanya.

Untuk suplai makanan bagi pasien disediakan oleh Dinas Sosial Kota Solo. Untuk mengatakan alat kesehatan dan tenaga kesehatan di lokasi disediakan oleh Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan akan terus menyediakan tempat isolasi terpusat. ”Nanti kami siapkan, sekarang di Laweyan (Ndalem Priyosuhartan) ada. Nanti kami siapkan beberapa tempat lagi, termasuk Graha Wisata,” katanya.

Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakoso menambahkan, idealnya isolasi masyarakat umum dipusatkan di Asrama Haji Donohudan. Pasalnya secara fasilitas tempat, lokasinya lebih mumpuni.

”Di sana tempatnya lebih luas, bisa untuk berjemur. Kalau kita punyanya kapasitasnya terbatas,” katanya.

Kami juga pernah menulis soal Heboh Soal Ramalan Presiden 2024 Inisial G, Kulit Sawo Matang, dan Sederhana, Nama Gibran Mendadak Trending Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi