Kecamatan Kelapa Dua dan Pasar Kemis Jadi Wilayah Sebaran Covid-19 Tertinggi di Kabupaten Tangerang

| 15 Feb 2022 14:23
Kecamatan Kelapa Dua dan Pasar Kemis Jadi Wilayah Sebaran Covid-19 Tertinggi di Kabupaten Tangerang
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi (M. Iqbal/ ERA)

ERA.id - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi, menyebutkan Kecamatan Kelapa Dua menjadi wilayah dengan sebaran kasus Virus Corona tertinggi yang disusul Kecamatan Pasar Kemis.

"(Kecamatan) Kelapa Dua dan Pasar Kemis (paling tinggi sebaran Covid-19). Di Kelapa Dua mencapai 1.686 kasus, sedangkan Kecamatan Pasar Kemis mencapai 981 kasus," ucapnya saat dihubungi, Selasa (15/2/2022).

Hendra merinci, Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang merilis kasus harian positif COVID-19 dengan total 41.921 kasus. Sementara, kasus baru per Senin mencapai sebanyak 739 kasus.

"Saat ini jumlah pasien dirawat atau menjalani isolasi mandiri (kasus aktif) bertambah 722 orang, sehingga jumlah keseluruhan dirawat dan isolasi mandiri bertambah menjadi 11.818 orang. Sedangkan kasus kematian akibat COVID-19 bertambah 2 orang, sehingga data kematian menjadi 402 orang," paparnya.

Di sisi lain, Hendra menjelaskan perkembangan yang menggembirakan adalah meningkatnya pasien sembuh. Tercatat hari ini sebanyak 15 irang pasien dinyatakan sembuh. Dengan demikian, data pasien sembuh menjadi 29.701 orang.

Hendra pun meminta, agar masyarakat Kabupaten Tangerang memiliki tanggung jawab yang tinggi dan kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. Hal ini perlu dilakukan karena untuk menekan wabah Covid-19, dimulai dari menekan angka penularannya.

"Untuk itu, pemerintah menekankan pentingnya perilaku 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas," harapnya.

Hendra menambahkan, sebab sejumlah hasil penelitian menunjukkan penelitian, rajin mencuci tangan bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk virus Corona sebesar 35 persen.

"Memakai masker bisa mengurangi risiko penularan virus Corona hingga 45 persen untuk masker kain. Sedangkan penggunaan masker medis, cukup signifikan mencapai risiko penularan berkurang hingga 75 persen," jelasnya.

Kami juga pernah menulis soal Masih Jadi Perdebatan, Ibu Menyusui Positif Covid-19 Harus Dipisah atau Tidak dari Anak? Ini Penjelasan Dokter Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi