COVID-19 di Solo ada 3 Ribu Kasus, Gibran: Sudah Lewati Puncak Varian Delta

| 21 Feb 2022 20:55
COVID-19 di Solo ada 3 Ribu Kasus, Gibran: Sudah Lewati Puncak Varian Delta
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Angka kasus aktif Covid-19 di Solo sudah tembus mencapai 3.125 kasus. Jumlah ini sudah jauh melampaui paparan pada saat puncak varian Delta pada pertengahan tahun 2021 lalu.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka pada Senin (21/2/2022).

”Iya, saat delta kemarin tertingginya 2.500-an kasus, ini sudah 3.000-an kasus,” kata Gibran.

Tercatat Senin (21/2/2022) angka kasus positif Covid-19 di kota Solo mencapai 3.125 kasus. Rinciannya sebanyak 3.156 kasus menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah dan sebanyak 225 kasus mendapat perawatan di rumah sakit.

Gibran mengakui saat ini peningkatan kasus Covid-19 terjadi di semua kota. Hanya saja yang perlu diwaspadai, saat ini belum mencapai puncak tertinggi dari gelombang ketiga.

”Di semua kota penyebarannya cepat,” katanya.

Hanya saja terkait dengan fatality rate (angka kematian), saat ini cenderung lebih rendah dibandingkan pada saat varian delta yang lalu. Ia mengatakan sudah menginstruksikan untuk penambahan tempat tidur di rumah sakit.

”Sudah saya instruksikan untuk tambah. Ini masih aman banget, fatality rate kita juga rendah. Oksigen juga aman. Sekarang vaksinasi jalan terus,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan sudah berupaya menaikkan jumlah tempa tidur di rumah sakit. Hanya saja, jumlahnya tidak imbang antara angka terpapar dengan jumlah tempat tidur.

”Sekarang BOR (bed ocupancy rate) kita sudah 77 persen dari 688 tempat tidur yang tersedia. ICU kita punya 123 bed dan sudah terisi 90 persen. Masalahnya sekarang jumlah tempat tidurnya ditambah, tapi yang sakit juga banyak,” katanya.

Kendala lainnya yang saat ini dihadapi yakni jumlah pasien nonCovid-19 juga banyak. Sehingga rumah sakit harus mengatur lebih baik terkait dengan jumlah keterisian tempat tidur.

”Kalau dulu kan orang masih takut ke rumah sakit, kalau sekarang enggak. Rumah sakit juga harus tetap melayani mereka. Jadi nggak bisa semudah itu memindahkan tempat tidur menjadi ruang isolasi,” katanya.

Kami juga pernah menulis soal Pemerintah Tunggak Klaim RS Covid-19 Rp25 Triliun, Menkes: Tagihan Tahun Lalu, Segera Dibayar Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi