Persiapan G20, Gibran Mulai Pilih Cinderamata untuk Tamu Undangan

| 03 Mar 2022 09:40
Persiapan G20, Gibran Mulai Pilih Cinderamata untuk Tamu Undangan
Gibran Rakabuming (Amalia Putri/ ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mulai mengurasi cinderamata untuk para tamu yang akan datang dalam acara G20 akhir bulan ini. Hal ini dilakukan karena Solo ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah Forum G20.

"Saya bersama Kepala Dinas (Koperasi dan UMKM Kota Solo) untuk mengakomodasi karya teman-teman UMKM," ucap Gibran pada Rabu (2/3/2022).

Kolaborasi dengan pelaku UMKM ini merupakan instruksi dari pemerintah pusat. Bahkan ada instruksi secara langsung dari Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI Djatmiko Bris Witjaksono saat berkunjung ke Solo beberapa waktu lalu.

"Jadi produk yang kami pilih adalah produk unggulan. Sebab ini nanti akan jadi souvenir untuk kegiatan internasional. Makanya nanti akan dikurasi oleh dinas yang bersangkutan," ucapnya.

Dua produk yang sudah dipilih yakni batik dan jam tangan kayu. Ada pula beberapa produk lainnya yang masih dalam kurasi.

"Segera kami finalkan, sebab working group-nya sudah mulai akhir Maret," katanya.

Souvenir dari UMKM ini juga akan dipilih untuk menjadi buah tangan dalam gelaran ASEAN Para Games yang akan dilaksanakan bulan Juli mendatang. Diperkirakan kebutuhannya ratusan karena Solo ditunjuk menjadi tuan rumahnya.

"Namun ini bukan masalah jumlahnya tetapi siapa yang pegang. Untuk di G20 ada eselon satu dan dua dari luar negeri. Bisa jadi promosi produk dari Solo ke luar negeri," katanya.

Kategori pemilihannya yakni terkait dengan kualitas, kemasan hingga keunikan. Tak hanya handycraft, namun produk UMKM yang berupa makanan juga dikurasi. Selain itu akan ada booth dalam acara meeting yang disediakan untuk UMKM.

"Jadi kami tampung sebanyak-banyaknya. Nanti produknya tinggal dikasih logo G20 atau Paragames. Harapannya keterlibatan UMKM ini bisa berdampak pada pemulihan ekonomi," ucapnya.

Kami juga pernah menulis soal Jembatan Suroboyo Difungsikan untuk Pelaku UMKM dengan Konsep Car Free Day Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi