Harga Sembako di Kota Tangerang Merangkak Naik Jelang Ramadan, Minyak Goreng Sudah Normal Tapi Sulit Dicari

| 06 Mar 2022 21:44
Harga Sembako di Kota Tangerang Merangkak Naik Jelang Ramadan, Minyak Goreng Sudah Normal Tapi Sulit Dicari
Pedagang di Pasar Anyar, Kota Tangerang. (M. Iqbal/ ERA)

ERA.id - Bulan Suci Ramadan 1443 Hijriah akan jatuh pada awal April mendatang. Namun, hal ini sudah mulai dirasakan dari kenaikan harga sembako. Seperti yang terjadi di Pasar Anyar, Kota Tangerang.

Sejumlah sembako mulai merangkak naik, seperti terigu, telur, dan sagu. Kenaikannya pun cukup siginifikan. Salah satu pedagang, Riyanto mengatakan untuk telur ayam negeri naik Rp2 ribu per kilogram dalam sepekan terakhir.

"Minggu kemarin harga Rp22 ribu per kilogramnya, tapi sekarang naik hingga Rp24 ribu per kilogram. Baru saja naik ini," ujarnya, Minggu, (6/3/2022).

Diprediksi harga telur akan terus naik seiring dengan datangnya bulan suci Ramadan. Namun, kenaikan harga pangan tersebut tergantung dari pasokan yang diterima.

"Iya kan kita tergantung dari stok produksi. Kira-kira nanti pas mau Lebaran, harga telur masih bisa naik lagi seperti tahun kemarin hingga Rp33 ribu per kilogram," katanya.

Hal senada diungkapkan oleh pedagang lainnya, Ito Kusnandar. Selain telur, terigu dan sagu juga mengalami kenaikan.

"Harga terigu alami kenaikan harga per karungnya naik Rp15 ribu. Untuk sagu juga naik Rp15 ribu per karung. Dari Rp240 ribu sekarang jadi Rp255 ribu per karung," kata Ito.

Terkait penjualan minyak goreng, Ito menjelaskan di lapaknya menjual di kisaran harga Rp15 ribu per liternya. Namun, dia mengaku untuk minyak goreng stoknya sulit untuk dicari.

"Minyak murah di Rp15 ribu per liternya. Tapi sekarang barangnya susah dicari," ucap dia.

Ito mengaku banyak pembelinya yang mengeluh akan kenaikan harga ini. Tapi, menurutnya, kenaikan itu masih dalam batas standar.

"Mungkin sekarang barang lagi pada susah, makanya jadi mahal. Tetap pembeli pada ngeluh kok naik terus harganya. Ini sih masih standar kenaikannya, nanti saat mau Lebaran, harga kenaikan bisa gila-gilaan," jelasnya.

Ito berharap ke depannya untuk harga sembako dapat kembali stabil dan normal. Mereka berharap itu, lantaran saat ini pembelinya sudah mulai berkurang.

"Berharap kenaikan itu tidak berlangsung lama, dan segera normal kembali. Biar yang belanja pun ramai lagi," katanya.

Kami juga pernah menulis soal Disperindag Kabupaten Tangerang Bakal Distribusikan 2.400 Liter Minyak Goreng ke Pelaku UMKM Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi